Helo Indonesia

Diam-diam Pelatih Arema Fernando Valente Nonton Laga Persebaya Duduk di Antara Bonekmania, Begini Alasannya

Rabu, 6 September 2023 20:22
    Bagikan  
AYAH ANAK
instagram @aremaofficial/ persebaya

AYAH ANAK - Pelatih Arema FC, Fernando Valente (kanan) ayah dari pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente, pada laga ke-13 keduanya bakal bertemu dilapangan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

HELOINDONESIA.COM - Pelatih Arema FC, Fernando Valente di laga Persebaya vs Borneo Putra FC meminta wartawan agar tidak membahas soal kehadirannya di Stadion Gelora Bung Tomo saat laga itu.

Bukan apa-apa kehadiran Valente, kehadirannya di laga itu, hanya semata-mata menonton kemampuan putranya secara langsung yang sudah lama tidak ia ketahui.

Seperti kita ketahui keberadaan Fernando Valente di Indonesia, awalnya memang bukan untuk menjadi pelatih Arema FC, namun dalam rangka liburan.

Salah satu tujuannya adalah berlibur sambil mengunjungi putranya Ze Valente yang kebetulan menjadi pemain Persebaya Surabaya.

Baca juga: Pelatih Arema Fernando bekali Konsep Baru Permainan Bola, Sebelum Menghadapi Persita Tangerang Pekan Depan

Bersamaan acara liburan ternyata Fernando mendapat tawasan melatih Arema FC yang situasinya saat itu sedang sulit.

Mendapat tawaran itu, Fernando pun kemudian kembali mengemasi barang bawaannya untuk tinggal di Indonesia dalam waktu yang lama.

Acara berlibur yang sudah dirancang selama satu bulan akhir berubah dengan pekerjaan untuk membangkitkan situasi yang dialami skuad Singo Edan.

Kali ini sepertinya Fernando Valente memiliki kesempatan untuk menyaksikan laga putranya Ze Valente yang sedang menghadapi klub papan atas Liga 1 Indonesia, Broneo FC, Minggu (3/9/2023).

Baca juga: Pemain Merasa Nyaman Bersama Uston Nawawi, Sewajarnya Jika Manajemen Persebaya ingin Permanenkan Jadi Pelatih

"Saya kadang enggan membicarakan hal ini. Saya minta tolong kalian (wartawan) untuk tidak membahasnya juga. Saya seorang profesional," ujar Fernando seperti dilansir wearemania.net, Selasa (5/9/2023).

Pria asal Portugal ini kemudian menjelaskan jika di negaranya seorang pelatih memiliki peluang yang sama dengan penonton lain menyaksikan laga secara langsung.

"Di negara saya, dan di seluruh dunia, ketika seorang pelatih memiliki peluang melihat sebuah laga secara langsung, itu wajar. Kita pasti akan melakukan itu," kata Fernando.

Baca juga: Begini Perubahan Terjadi Dalam Penguasaan Permainan Bola Arema FC Dibawah Komando Fernando Valente

Meski demikian, Fernando Valente menegaskan dengan sejujurnya jika kehadirannya di Stadion Gelora Bung Tomo demi putranya, Ze Valente yang sedang bermain.

Bahkan, eks pelatih Shakhtar Donetsk itu mengaku bangga dan senang sang putra bisa menjadi penentu kemenangan timnya 2-1, setelah mencetak gol kedua untuk Persebaya.

"Saya gak mau berpikir hal lain di luar profesionalisme. Saya seorang profesional, begitu pula anak saya," kata Fernando.

Baca juga: Uston Nawawi Bawa Persebaya Masuk Peringkat 5 Besar Klasemen Sementara Liga 1 2023/2024

Begitu juga dengan anaknya Ze Valente dia seorang yang profesiobak dan hari itu terbukti menunjukkan permainan terbaiknya.

"Dia adalah orang yang sangat hebat. Saya tahu dia selalu mencoba menunjukkan permainan terbaiknya," imbuh pelatih berlisensi UEFA A Pro itu.

Kehadiran Falente di arena itupun tidak mau disebut membuat masalah, dia berada di lokasi itu semata-mata karena sang putra yang sudah lama tidak ia saksikan secara langsung dalam bermain bola.

"Saya gak mau bikin masalah bagi kami berdua dalam situasi ini. Saya di sini untuk kerja. Selain itu, saya gak peduli," tambah Fernando Valente.

Baca juga: Pelatih Persebaya Disebut Berinisial PM, DA dan LM Sesuai Nama Mereka Adalah Paul Munstur, Divaldo Alves dan Luis Milla

Pelatih asal Portugal berusia 64 tahun itupun ketahuan terciduk menonton bola pada laga tim tuan rumah Persebaya melawan Borneo FC yang duduk di antara para suporter Bonekmania.

Tidak banyak yang mengetahuinya kehadiran sang pelatih Arema berada di antara para suporter Bonekmania, yang sejatinya hadiri demi anaknya bermain bola.

Dan itu memang keberadaan putranya, Ze Valente sebagai pemain Persebaya memnjadi alasan utama Fernando hadir di pertandingan ini.

Meski demikan, ada saja yang mencibir jika kehadiran Fernando Valente dianggap untuk memantau kekuatan Persebaya saat menghadapi lawan kuatnya.

Baca juga: Pelatih Fernando Valente, Sebut Pemain Arema Harus Banyak Menguasai Bola, Bukan Kebanyakan Berlari di Lapangan

Dan itu pastas dimaklumi mengingat Arema FC dalam pekan ke tigabelas pada 23 September 2023 pukul 15.00 WIB bakal menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Tak salah jika ada dugaan terhadap Fernando tengah memata-matai Persebaya untuk mengorek informasi terkait kekuatan skuad Persebaya yang bisa dimanfaatkan oleh Arema FC.

Terlepas itu semua, sah-sah saja seorang pelatih sepakbola menyaksikan laga secara langsung untuk melihat pola permainan untuk mengukur seberapa jauh kekuatan lawan.

Baca juga: Pelatih Arema Fernando Valente Sebut Ide-ide Baru Lebih Mudah Dijalankan Jika Meraih Kemenangan

Sementara dalam pekan keduabelas pertandingan bakal dibagi menjadi tiga hari yakni mulai tanggal 15,16 dan 17 September 2023 dengan jadwal sebagai berikut:

Tanggal 15 September 2023

1. PSM Makassar vs Barito putera
di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Makassar disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi INDOSIAR pukul 15.00 WIB

2. Bali United vs RANS Nusantara FC
di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, disiarkan langsung INDOSIAR pukul 19.00 WIB

3. Dewa United vs Bhayangkara FC
di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Provinsi Banten, disiarkan langsung oleh live streaming video.com pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Aremania Saat Mendukung Skuad Singo Edan

Tanggal 16 September 2023

1. Persib Bandung vs Persikabo 1973
di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, disiarkan langsung INDOSIAR pukul 15.00 WIB.

2. Arema FC vs Persita Tangerang
di Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali, disiarkan langsung melalui live streaming video.com pukul 15.00 WIB.

3. Persis Solo vs PSIS Semarang
di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah disiarkan langsung INDOSIAR pukul 19.00 WIB

Baca juga: Alhamdulillah Arema Menang! Dibalik Rencana Liburan Fernando ke Indonesia, Mengubah Kebangkitan Singo Edan

Tanggal 17 September 2023

1. Madura United vs Persebaya Surabaya
di Stadion Gelora Bangkalan, Madura disiarkan secara langsung INDOSIAR pada pukul 15.00 WIB

2. Borneo FC vs PSS Sleman
di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur disiarkan melalui live streaming video.com pukul 19.00 WIB

3. Persik Kediri vs Persija Jakarta
di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Jawa Timur dan disiarkan langsung oleh INDOSIAR pada pukul 19.00 WIB. **