Helo Indonesia

Pelatih Fernando Valente, Sebut Pemain Arema Harus Banyak Menguasai Bola, Bukan Kebanyakan Berlari di Lapangan

Rabu, 30 Agustus 2023 10:17
    Bagikan  
IDE FERNANDO
instagram @aremaofficial

IDE FERNANDO - Pelatih Arema FC, Fernando Valente (kanan) memberikan instruk anak asuhnya agar lebih banyak menguasai bola dalam setiap bermain

HELOINDONESIA.COM - Laga perdana Arema FC sejak ditukangi pelatih barunya, Fernando Valente telah sukses memenangi laga saat menghadapi Persikabo 1973 dengan skor 1-0 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (29/8/2023).

Kemenangan Arema itu sekaligus merupakan kemenangan perdannya sejak Liga 1 2023/2024 bergulir hingga pekan kesembilan.

Dengan perolehan poin penuh itu sekaligus menaikan peringkat Arema dari dasar klasemen sementara Liga 1 2023/2024 dengan 6 poin.

Kemenangan Arema pedana itu, disambut gembira oleh para pendukung Aremania seperti dalam berbagai unggahan di group facebook maupu sosial media lainya.

Baca juga: Pelatih Arema Fernando Valente Sebut Ide-ide Baru Lebih Mudah Dijalankan Jika Meraih Kemenangan

Para suporter kini menanti kemenangan Arema FC selanjutnya yang bakal menghadapi Bhayangkara FC pada laga pekan kesebelas, Jumat (1/8/2023) pukul 19.00 WIB.

Kemengan Arema FC dalam laga itu menurut pelatih Fernando Valente tak lepas dari perubahan permainan Arema sejak latihan.

Terbukti perubahan pelatih baru itu membawa kemenangan bagi skuad Singo Endan yang bermain di kandangnya sendiri di Stadion Dipta, Gianyar, Bali.

Baca juga: Alhamdulillah Arema Menang! Dibalik Rencana Liburan Fernando ke Indonesia, Mengubah Kebangkitan Singo Edan

Menurut Fernando ide-ide yang diterapkan di skuad kesayangan Aremania itu tak jauh beda dari apa yang dimainkan di negaranya Portugal.

Ide-ide itu sebenarnya lumrahnya yang dilakukan oleh pemain-pemain di liga-liga Eropa lainnya.

"Saya melihat di banyak negara lain, kompetisi-kompetisi yang ada, pemain banyak berlari. Tapi sebenarnya kunci dan dasar pekerjaan saya adalah membuat pemain paham dalam menguasai bola," ujar Fernando Valente membokar rahasia, seperti dilansir wearemania.net, Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Aremania Saat Mendukung Skuad Singo Edan

Namun ide yang diterapkan di Arema ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, karena butuh tim yang terorganisir dengan baik dan seimbang.

Pelatih Fernando menjelaskan secara mendetail tentang ide penanganan Arema mulai latihan hingga berlaga, yang semuanyab berurusan dengan permainan dan memahami bola.

"Ini adalah yang paling sulit, tapi ini yang saya percaya. Menurut saya akan membuat kami bisa bermain dengan cara pandang berbeda dari tim lain," ujar Fernando sembari mengatakan pemain harus selalu fokus dengan apa yang terjadi di sekitar bola.

Baca juga: Manajemen Arema Ngebet Pindah Homebase, Selain Gajayana Dulu Pernah Disebut Stadion Supriadi Blitar

Ide-ide yang dipahami oleh Fernado merupak ide yang ia percaya dan akan diberikan kepada pemain.

"ini yang harus kita lakukan, menguasai bola selama mungkin," tambah Fernando lagi.

Karena menurut Fernandi dengan penguasaan bola itulah pemain bisa mencetak gol, dengan menguasai bola tim bisa bertahan.

"Dengan kita menguasai bola, maka lawan tak bisa mencetak gol," kata Fernando.

Baca juga: Penyebab Arema FC Drop, Pelatih Fernando Valente Evaluasi Sesi Latihan Selama Homebase di Gianyar, Bali

Untuk itu, pemain Arema harus mengubah cara berfikir dalam melihat ide, harapannya mereka memiliki cara pandang yang sama.

"Sehingga mereka memili cara pandang yang sama terhadap apa yang akan mereka terapkan di pertandingan," tambah Fernando.

Tugas utama yang harus dilakukan Fernando saat ini adalah mengubah cara berfikir para pemain Arema FC tentang memahami ide-ide saya.

Menurut Fernando, dalam beberapa momen, pemain sudah menujukkan dan bisa menjalankan apa yang ia inginkan.

Baca juga: Pelatih Arema FC Sudah Datang, Skuad Singo Edan Hadapi Persikabo Pada Laga Pekan Depan

"Sehingga pada akhirnya, mungkin, kami bisa mencetak satu atau dua gol. Yang terpenting pemain bisa stabil dan lebih percaya diri," ujarnya.

Di sisi lain Fermando Valente mengatakan membutuhkan waktu dua pekan dari jeda kompetisi untuk meningkatkan performa pemain Arema FC.

Tentu saja banyak pekerjaan dalam menghadapi pertandingan ke depan, yang akan dipergunakan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan performa pemain.

Strategi dari ide-idenya sudah dicoba saat Arema FC melawan Persikabo 1973 dan hasilnya positif.

Baca juga: Gustavo Top Skor Sementara dengan 9 Gol, itu Tidak Ada Artinya Jika Arema Belum Menang

Menurut Fernando bermain sepakbola itu harus memakai bola banyak, di negara yang bermain bola kebanyak pemain kebanyakan berlari saja.

Sementara situasi di Arema FC juga cukup berat, hampir setiap bertanding komposisi tim selalu berganti.

Dia mencatat hanya ada 4 atau 5 pemain saja yang bermain secara reguler, sedang sisanya berganti-ganti karena cidera atau akumulasi kartu.

Dikatakan Fernando Valenti itu sangat sulit jika bermain di level Liga 1 dengan kondisi tidak ideal.

Baca juga: Penantian Panjang Arema FC Mendapatkan Satu Poin Melawan Persija Jakarta, Pelatih Kucoro Mengaku Seperti Kemenangan

Arema hanya memiliki 4-5 pemain yang kondisinya bagus, karena sering bermain dan itu harus juga dipahami oleh pemain lain.

Untuk itu Fernando ingin mencoba memecahkan masalah dalam situasi seperti itu, yang perlu bantuan juga dari asisten pelatih.

Meski demikian, secara umum Fernando Valente mengungkapkan jika para pemain Arema FC selalu berusaha memberikan penampikan terbaiknya. **