Helo Indonesia

Penyebab Arema FC Drop, Pelatih Fernando Valente Evaluasi Sesi Latihan Selama Homebase di Gianyar, Bali

Sabtu, 26 Agustus 2023 15:17
    Bagikan  
AREMA BANGKIT
instagram @aremaofficial

AREMA BANGKIT - Pelatin Arema FC, Fernando Valente memimpin sesi latihan Arema FC menghadapi Persikabo di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (28/8/2023) pukul 15.00 WIB.

HELOINDONESIA.COM - Pelatih baru Arema FC, Fernando Valente mengevaluasi dampak dari kehilangan 1-2 sesi latihan yang dijalani lantaran homebase Arema FC berada tempat yang jauh di Gianyar, Bali.

Sehingga kini pelatih asal Portugal itu, mencoba mencari jalan keluar untuk mempelajari situasi Arema FC yang saat ini berada jauh dari menetapnya para pemain.

Fernando mengatakan jika salah satu penyebab buruknya performa dan mental pemain karena Arema FC bermain jauh dari Kota Malang.

Seperti kita ketahui stadion yang didaftarkan sebagai homebase Arema FC pada musim ini, adalah Stadion Gajayana, Kota Malang sedang dalam wacana renovasi.

Baca juga: Pelatih Arema FC Sudah Datang, Skuad Singo Edan Hadapi Persikabo Pada Laga Pekan Depan

Karena homebase berjauhan dampaknya banyak waktu terbuang hanya untuk perjalanan, belum lagi ketika tim melakukan laga tandang.

Itu sebabnya kini Fernando Valente merubah pola latihan pemain Arema FC, dengan menambah jam sesi latihan yang hilang dalam perjalanan.

Untuk itu saat ini Arema masih harus berlatih di hari H sebelum terbang ke kandang Singo Edan di Gianyar, Bali pada pekan kesepuluh, Senin (28/8/2023) pukul 15.00 WIB.

Pada hal sebelumnya, ketika melakone laga home maupun away, Arema FC tidak pernah berlatih dihari mereka akan menempuh perjalanan.

Baca juga: Fernando Valente Sosok Pelatih Baru Arema, Kuncoro Sampai Tak Bisa Komentar Soal Prestasi Arema Saat ini

"Tentu saja, dampaknya membuat Skuad Singo Edan kehilangan 1-2 sesi latihan di masa persiapan," kata Fernandi kepada wartawan di Malang, Sabtu (26/8/2023).

Asisten pelatih Arema FC, Kuncoro juga mengakui jika di hari H biasanya tidak ada latihan, namun sejak dipimpin Coach Fernando pemain tetap belakukan latihan.

Bahkan Kuncoro mengakui jika sebelumnya banyak waktu terbuang di perjalanan dibanding dengan waktu berlatih, ini menjadi salah satu kelemahan Arema FC musim ini.

"Saya kira tetap berlatih di hari H perjalanan merupakan solusi, untuk menggantikan waktu yang hilang di perjalanan," jelas Kuncoro.

Baca juga: Gustavo Top Skor Sementara dengan 9 Gol, itu Tidak Ada Artinya Jika Arema Belum Menang

Kuncoro pun merasakan persiapan Arema sering terpotong untuk waktu perjalanan termasuk saat bermain di kandang, mengingat hombese Arema menang jauh dari tinggal pemain.

Usai pengumuman penetapan pelatih baru Arema FC, Fernando Valente langsung memimpin latihan skuad Singo Edan untuk menghadapi Persikabo pada Senin (28/8/2023) di Stadion Gianyar, Bali.

Fernando mengatakan memberikan penghormatan kepada para pemain yang membela klub ini di lapangan.

Baca juga: Fernando Valente Sosok Pelatih Baru Arema, Kuncoro Sampai Tak Bisa Komentar Soal Prestasi Arema Saat ini

Situasi ini bukan salah mereka, jika para pemain harus bermain jauh dari kota mereka, keluarga mereka dan teman mereka.

Namun situasi ini diperburuk dengan persiapan latihan tidak maksimal, tidak bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk pertandingan seperti tim lain.

Mereka melakukan perjalanan terus menerus, hingga situasi terburuk tidak bisa mempersiapkan latihan yang cukup seperti klub lain.

"Dan itu bukan salah mereka, dan memang kenyataannya harus seperti itu," kata Fernando Valente.

Baca juga: Ada Rumor Didepak Persebaya, Aji Santoso Jadi Kandidat Pelatih Arema FC, Benarkah

Dengan hadirnya pelatih baru Arema FC, semua suporter dan pendukungnya menginginkan Arema segera bangkit.

Hingga laga pekan kesembilan Arema FC belum pernah sekalipun belum pernah merasakan aura kemenangan dalam laga Liga 1 2023/2024.

Fernando berkeyakinan dengan pemain yang berkualitas, Arema dapat memperbaiki performa dan bisa menyumbangkan kemenangan untuk Aremania.

Baca juga: PSIS Semarang Akhiri Puasa Kemenangan, Jinakkan Arema FC 2-0

"Target pertama adalah memenangkan pertandingan, tapi menang membutuhkan waktu untuk bekerja keras, tetapi saya tidak punya banyak waktu," ujar Fernando kepada wartawan di Malang.

Sehingga saat ini, saatnya kita bicara bermain bagus, untuk memenangkan pertandingan dan harus bisa bermain lebih bagus, untuk mencapai kemenangan.

Seperti kita ketahui hingga saat ini Arema FC masih menduduki dasar klasemen sementara Liga 1 2023/2024 dengan dengan 3 poin. **