Helo Indonesia

Ada Rumor Didepak Persebaya, Aji Santoso Jadi Kandidat Pelatih Arema FC, Benarkah

Kamis, 10 Agustus 2023 10:06
    Bagikan  
PELATIH AREMA
itnstagram @pathdailyarema/ radarmalang

PELATIH AREMA - Rumor pergantian pelatih Arema FC oleh Aji Santoso semakin santer disebut menggantikan Joko Gethuk Susilo.

HELOINDONESIA.COM - Setelah manajemen Persebaya mengistirahatkan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso kini muncul rumor jika Aji Santoso kini masuk daftar calon kandidat pelatih Arema FC.

Rumor tentang nama Aji Santoso menjadi kandidat juru racik, Skuad Singo Edan itu muncul di akun fans base Arema FC, @pathdailyarema, sejak Selasa (8/8/2023).

Dalam unggahan itu foto Aji Santoso dipasang besar-besaran di laman @pathdailyarema dengan menampilkan logo Persebaya dengan diikuti tanda penghubung menju logo Arema FC.

Sementara di poster itu bertuliskan huruf kapital BALIK KE AREMA!, dengan penjelasan di bawahnya berbunyi: Setelah diistirahatkan oleh Persebaya, kini Aji Santoso tengah dirumorkan bakal gabung Arema FC dan PSS Sleman.

Baca juga: PSIS Semarang Akhiri Puasa Kemenangan, Jinakkan Arema FC 2-0

"RUMOR! Komentar umak ker?????," tulis @pathdailyarema. Namun dari rumor yang dilontarkan akun @pathdailyarema banyak diwarnai berbagai pendapat, ada yang setuju, ada yang tidak setuju ada pula yang menyarankan ambil pelatih asing.

Sepertu akun @izar_albantani92, memberikan komentarnya: "Jangan balik ke arema, nanti ujung" nya mundur di tengah jalan ????," tulisnya.

@goesmoes7313: "Dulu sebelum kesurabaya pernah ngelatih arema tp gak ada hasilnya lah kok sekarang mau di pake lagi yahhhh keliatan banget kl lagi gak punya duit," tulis @goesmoes7313.

@abyualwn__: "@goesmoes7313 dia pernah bawa Arema juara piala presiden bang," tulisnya yang kemudian dikomentari netizen lainnya.

Baca juga: Pencetak Gol Terbanyak Arema Gustavo, Menyebut Para Pemain Juga Lapar Dengan Kemenangan

@alfarosans:
"@goesmoes7313 gak ada hasilnya Krn gak sejalan dgn management, aji suka dgn pemain muda sedangkan management gak bisa menuhi, sedangkan di Persebaya musim ini jg gak bisa leluasa Krn budget juga minim," kata @alfarosans.

@tegaradi_58
"@goesmoes7313 yang ga ada hasilnya itu di persebaya dia dapet prestasi apa selama di persebaya? Trofi?," tulisnya.

Sementara akun @u.ndru mentakan dalam komentarnya:
"Menurut saya Aji Santoso saat di Persebaya pada musim ini kurang udara segar seperti mendatangkan asisten pelatih asing agar dapat memiliki formula baru dan saya harapkan saat di arema beliau dapat asisten yang kompeten seperti dari Jerman atau Spanyol agar dapat bermain lebih sistematis dan taktikal nya tambah bagus," tulisnya.

Baca juga: Kasihan Arema FC, Ditinggal Dua Tim Jatim yang Kini Mulai Bakit Kembali, Persebaya dan Persik Kediri

Komentar di atas merupakan sedikit komentar dari 4,2 ribu komentar dan like dari netizen khususnya follower dari @pathdailyarema.

Yang jelas terlepas rumor itu benar atau tidak, semua keputusan bermuara ke manajemen Arema FC, untuk menentukan siapa pelatih pengganti Joko Gethuk Susilo, yang dijanjikan dalam waktu dua tiga minggu.

Jika benar rumor itu benar? Bisa saja Aji Santoso yang memimpin Arema menggantikan Joko Susilo.

Peluang Aji Santoso menjadi pelatih Arema FC juga sangat memungkinkan, mengingat pria berusia 53 tahun ini adalah matan pemain andalan Arema FC selain Aji Santoso adalah asli Aremania.

Baca juga: Kiper Arema FC Julian Garcia Schwarzer Mati Langkah, Empat Gol Masuk Gawang, Serdadu Arema Frustasi

Sebelumnya Aji Santoso juga pernah menjadi pelatih Arema Cronus meskipun memimpin dalam waktu yang singkat selama 6 bulan pada 1 Januari 2017 hingga 31 Juli 2017.

Pria kelahiran Kepanjen 6 APril 1970 ini, mengawali karir sepakbolanya dimulai dari klub-klub yang ada di Kepanjen dan Kota Malang.

Aji Santoso pertama kali bermain bola bersama klub amatiran di kota kelahirannya yakni Argo Manunggal Sawunggaling (AMS) Kepanjen tahun 1986-1987.

Kemudian pada tahun 1987 bermain di Gajayana Malang, Persema Junior Kota Malang, hingga tahun 1988 menjadi pemain profesional Arema Malang selama 12 tahun dari tahun 1988 hingga 1995.

Baru kemudian mulai tahun 1995 Aji Santoso hijrah ke Persebaya Surabaya hingga tahun 1999, hingga kemudian berkelana PSM Makassar, tahun 2001 kembali ke Persema Malang dan tahun 2002-2004, kembali bergabung ke Arema.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Aremania Saat Mendukung Skuad Singo Edan

Pria dengan tingga badan 172 centimeter ini berposisi sebagai lini pertahanan bek kiri, juga pernah membela Timnas Indonesia di tahun 1990 hingga tahun 2000.

Sedangkan karir kepelatihan Aji Santoso juga cukup panjang, sejak sebagai pelatih SSB Arema, Akademi Arema tahun 2004, Timnas U-17 tahun 2005, Persiko Kota Baru tahun 2006, Pomnas Jatim tahun 2007, Persekam Metro Kabupaten Malang tahun 2007, PON Jatim 2006/2008), POM ASEAN 2008, Persik Kediri tahun 2009, Persebaya Surabaya tahun 2009, Persisam 2009-2010, Persema Malang 2010, Persebaya Surabaya 2010-2011, asisten pelatih Timnas U-23 2011, Pelatih Timnas U-23 tahun 2013 hingga 2015, Arema FC tahun 2017, Persela Lamongan tahun 2017, PSIM Jogja tahun 2019 dan Persebaya Surabaya 2919-2023.

Baca juga: Debut Kiper Arema FC Melawan Persis Solo ada 12 Kali Penyelamatan, itu Bentuk Pujian Kepada Julian Schwarzer

Jika kita melihat rekam jejak Aji Santoso menjadi pelatih Persebaya Surabaya, bisa saja Aji bakal menerapkan kemampuannya di Persebaya untuk diramu di klub Singo Edan.

Selama di Persebaya Aji Santoso memiliki kegemaran dalam memainkan skema permainan sepakbola skema klasik offensive 4-3-3.

Pemainan ini lebih menitikberatkan kepada keseimbangan permainan untuk kekuatan penuh baik di lini belakang, tengah maupun depan.

Itulah kebiasaan pelatih Aji Santoso dalam menerapkan skema pakem permainan yang kerap kali digunakan dalam setiap laga Persebaya menghadapi lawan-lawannya.

Sementara dalam memilih komposisi pemain dalam timnya, Aji Santoso juga kerap merekrut pemain-pemain muda jebolan Timnas Indonesia, yang sukses dia orbitkan saat ia latih.

Baca juga: Inilah Sosok Divaldo Alves, yang Dirumorkan Bakal Jadi pelatih Baru Arema FC

Beberapa pemain mudah yang sudah terbukti sukses di kancah Timnas Indonesia seperti, Rizky Ridho, Ermando Ari, Koko Ar, Rachmat Irianto dan Marcelino Ferdinan yang sukses berkarir di level Timnas Indonesia.

Tentu saja jika kabar itu benar, dipastikan bakal menjadi kabar menggembirakan bagi para pemain muda Arema FC seperti Muhammad Faiz, Arkhan Fikri, Achmad Syarif, Mikael Tata, Bayu Aji dan Ginanjar Wahyu yang diperkirakan bakal sering mendapat kesempatan tambahan menit bermain.

Sementara situasi di skuad Singo Edan saat ini semakin terpuruk hingga kian terbenam di zona degradasi klasemen sementara Liga 1 2023/2024 dengan 2 poin saja.

Baca juga: Greg Nwokolo Diharapkan Sebagai Leader Arema FC Mendobrak Pertahanan Peris Solo

Laga pekan ketujuh Arema FC melawan PSIS Semarang berakhir tragis. Bermain di Kandang PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Arema dihabisi dengan skor 2-0.

Yang mengenaskan bagi Arema adalah krisis kemenangan, selama tujuh pekan berlaga Arema FC, belum pernah merasakan kemenangan.

Dari tujuh laga di jalani Arema FC dua kali bermain seri saat menghadapi Persis Solo dan Persib Bandung, selebihnya Arema dirundung kekalahan. **