Helo Indonesia

Pesawat Bomber B-2 Menduplikasi Burung Elang, ini Faktanya

Jumat, 12 April 2024 10:32
    Bagikan  
SAYAP ELANG
Istimewa

SAYAP ELANG - Sayap pesawat Bomber B-2 mirip seperti sayap burung elang

HELOINDONESIA.COM - Ada gambar beredar di sosial media tidak perlu dikomentari, gambar satu ini memungkinkan kita untuk membahasnya tentang profil sayap pesawat bomber B-2 yang terkenal itu.

Dilansir theaviationist.com sayap pesawat itu, tampaknya terinspirasi oleh alam, mirip saya burung elang namun dirancang sedemikian rupa karena alasan observabilitas rendah dan aerodinamis.

Dijelaskan dalam web itu Jia dia telah membuat gambar komposit yang dapat Anda temukan di postingan ini setelah memperhatikan gambar teratas yang muncul di sosial media Reddit dan diposting di berbagai halaman Facebook setelahnya.

Baca juga: Viral, Pilot dan Ko Pilot Tertidur Saat Kemudikan Pesawat dari Kendari-Jakarta, KNKT Lakukan Penyelidikan

Foto itu memperlihatkan seekor burung yang profilnya, dari sudut pandang tersebut, jelas mengingatkan pada Northrop Grumman B-2 Spirit pembom siluman.

Faktanya, di antara kekhasan B-2 juga terdapat konsep desain terdepan, yakni spirit memiliki bentuk tepi tusuk gigi yang berubah menjadi profil paruh elang di hidung.

Baca juga: Strategi TNI AU Latih Skill Prajurit Atasi Keterbatasan Pesawat Saat Operasi

Bentuk paruh elang pada bagian depan diproduksi oleh Richard C Scherrer, seorang insinyur yang pernah bekerja di Lockheed Martin Skunk Works, pada F-117, sebelum bergabung dengan Northrop Grumman untuk Advanced Technology Bomber.

Keunggulan terdepan yang dihasilkan Dick Scherrer memberi B-2 kinerja aero yang dibutuhkan untuk badan pesawat subsonik tinggi. **