Helo Indonesia

Teh Lavender: 10 Manfaat Kesehatan dan Efek Samping yang Harus Diwaspadai

Syahroni - Ragam
Rabu, 12 Juli 2023 09:00
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay/ Michydev

Ilustrasi - 10 Manfaat teh lavender untuk kesehatan dan efek sampingnya.

HELOINDONESIA.COM - Teh lavender bukan sembarang minuman herbal. Teh yang dibuat dari pucuk Lavandula angustifolia ini memiliki aroma yang menyenangkan dan bermanfaat bagi tubuh Anda luar dalam. Lavender, terkenal karena sifatnya yang menenangkan, membantu meredakan kecemasan dan mengendurkan saraf Anda.

Sejak zaman kuno, lavender telah digunakan sebagai minuman penyembuh. Tidak hanya itu, tanaman ini juga digunakan sebagai tanaman obat oleh orang Yunani, Romawi, dan Mesir karena khasiat terapeutiknya.

Meskipun teh lavender menawarkan banyak manfaat, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Asupan yang berlebihan dapat menyebabkan potensi efek samping seperti sakit kepala atau ketidaknyamanan gastrointestinal. 

10 Manfaat Menakjubkan dari Teh Lavender

Meskipun Anda mungkin pernah mendengar banyak teh herbal, yang satu ini pasti menonjol di antara semuanya. Cobalah teh penyembuh, dan Anda akan menjadikannya sebagai latihan rutin begitu Anda mengetahui manfaatnya.

Baca juga: Jangan Diminum Sembarangan, Berikut Efek Samping Teh Peppermint yang Perlu Anda Ketahui

1. Membantu Menghilangkan Stres dan Kecemasan

Menurut penelitian, lavender mengandung senyawa bernama linalool dan linalyl acetate. Senyawa ini diketahui memiliki efek sedatif dan ansiolitik. Saat linalool dan linalyl acetate berinteraksi dengan senyawa penghasil stres dan kecemasan di otak, mereka membantu menenangkan sistem saraf dan meningkatkan rasa sejahtera.

2. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Sejak zaman kuno, manfaat lavender telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik. Lavender membantu menenangkan saraf dan mengendurkan otak. Ada banyak penelitian yang menunjukkan kualitas tidur yang lebih baik pada partisipan setelah konsumsi teh lavender setiap malam sebelum tidur. Salah satu penelitian tersebut melibatkan ibu postpartum. Studi tersebut menunjukkan bahwa para ibu menikmati tidur mereka ketika mereka menghirup aroma lavender.

3. Membantu Mengatasi Ketidaknyamanan Pencernaan

Sifat lavender yang menenangkan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, yang diketahui berdampak negatif pada pencernaan. Tunas lavender mengandung senyawa seperti linalool dan linalyl acetate, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada sistem pencernaan, berpotensi meredakan ketidaknyamanan dan gangguan pencernaan.

Selain itu, sifat karminatif lavender dapat membantu meredakan gas dan kembung, memberikan kelegaan bagi mereka yang mengalami gejala ini. 

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Redakan Migran, Berikut 10 Manfaat Teh Peppermint untuk Tubuh Anda

4. Dapat Meredakan Sakit Kepala

Teh lavender telah digunakan secara tradisional karena potensinya untuk meredakan sakit kepala dan migrain. Aroma lavender memberikan manfaat dengan mengolah efek menenangkan pada sistem saraf, membantu mengurangi stres dan ketegangan yang dapat memicu sakit kepala.

Menghirup aroma teh lavender yang menyenangkan atau mengoleskan minyak esensial lavender secara topikal dapat memberikan rasa rileks dan meningkatkan keadaan pikiran yang lebih tenang. Selain itu, lavender memiliki sifat analgesik ringan yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

5. Membantu dengan Perubahan Suasana Hati

Aroma lavender memberikan efek menenangkan pada sistem saraf, meningkatkan relaksasi dan mengurangi perasaan cemas dan stres. Minum teh lavender dapat menciptakan rasa ketenangan, membantu menstabilkan suasana hati dan meredakan naik turunnya emosi. Lavender mengandung lanolin, senyawa yang membantu menenangkan pikiran Anda, yang selanjutnya menangani perubahan suasana hati yang tidak stabil.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Dari 5 Jenis Teh Berikut Ini, Mana yang Paling Cocok untuk Perawatan Kulit Anda?

6. Membantu Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Teh ini sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan masalah pernapasan. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba lavender membantu mendukung penyembuhan paru-paru dan jalurnya. Khasiatnya bekerja pada otot dada dan tenggorokan untuk memudahkan pernapasan dan mengurangi batuk dan mengi yang terkait dengan kondisi tertentu. Sifat antioksidan dari teh ini dapat membantu melindungi dari stres pernapasan dan peradangan.

7. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa lavender memiliki sifat antibakteri yang kuat. Ini dapat melawan bakteri penyebab jerawat, membuat kulit Anda tampak sejernih dan semurni hari musim panas. Teh ini juga memiliki kekuatan anti-inflamasi yang dapat menenangkan kemerahan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Selain itu, teh lavender juga mengandung antioksidan ke kulit Anda. Ini membantu mencegah kerutan dan garis halus. 

8. Dapat Membantu Mengatasi Kram Menstruasi

Linalool dan terpen yang terkandung dalam lavender memiliki efek anti-inflamasi bersama dengan sifat analgesik. Teh herbal lavender yang manis ini menenangkan otot panggul Anda, mengurangi peradangan, dan menenangkan tubuh Anda. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang menghirup aroma lavender selama 30 menit dalam tiga hari pertama siklus menstruasi mereka mengalami lebih sedikit rasa sakit dibandingkan kelompok lain yang tidak. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Teh yang Mungkin Belum Anda Ketahui

9. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Teh lavender mengandung senyawa seperti flavonoid dan antioksidan yang dapat membantu pasukan superhero sistem kekebalan tubuh Anda. Senyawa dalam teh lavender bertindak seperti perisai terhadap radikal bebas yang mencoba merusak sel kekebalan tubuh Anda. 

Teh lavender juga memiliki sifat antimikroba, yang artinya dapat membantu menangkis bakteri dan virus yang berani menantang kekebalan Anda.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pertama, mari kita sebutkan tekanan darah, detak jantung kesehatan jantung. Lavender, dengan pengaruhnya yang menenangkan, dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah yang sehat, dan menjaga tingkat tekanan darah yang optimal. Ini seperti memberikan pijatan lembut pada jantung Anda, membiarkannya berdetak dengan mudah.

Baca juga: Jangan Dibuang, Berikut Ini Manfaat Menggunakan Bekas Teh Celup untuk Kesehatan Mata Anda

Kemungkinan Efek Samping Teh Lavender

Efek samping lavender bisa parah, dan dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Berikut adalah lima efek samping yang paling umum.

1. Masalah Pencernaan

Beberapa orang yang meminum teh lavender mungkin mengalami masalah pencernaan termasuk mual, muntah, diare, atau sakit perut. Reaksi yang merugikan ini seringkali kecil dan berumur pendek, meskipun mungkin terjadi pada individu yang sensitif atau bila tertelan dalam jumlah banyak.

2. Alergi

Beberapa orang mungkin memiliki alergi lavender. Reaksi alergi terhadap teh lavender dapat bermanifestasi sebagai ruam kulit, gatal, gatal-gatal, atau kesulitan bernapas. Jika terjadi reaksi alergi, perawatan medis harus dilakukan.

Baca juga: Rawat Rambut dan Samarkan Uban di Kepala Anda dengan Ramuan Teh Berikut Ini

3. Ketidakseimbangan Hormon

Teh lavender mengandung senyawa yang memiliki sifat estrogenik lemah. Meskipun hal ini umumnya tidak menjadi perhatian, konsumsi berlebihan atau penggunaan teh lavender dalam waktu lama berpotensi mengganggu keseimbangan hormon, terutama pada individu dengan kondisi sensitif hormon. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk remaja pria dan wanita hamil.

4. Sedasi dan Mengantuk

Teh lavender dikenal karena efeknya yang menenangkan dan merilekskan. Meskipun hal ini sering diinginkan, hal ini dapat menyebabkan kantuk atau sedasi yang berlebihan pada beberapa individu. Jika Anda berencana mengoperasikan mesin atau mengendarai kendaraan, sebaiknya hindari mengonsumsi teh lavender di dekat aktivitas tersebut.

Baca juga: 8 Jenis Teh Berikut Ini Mampu Membantu Anda Mengatasi Kram Saat Menstruasi

5. Interaksi Obat

Teh lavender dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk obat penenang, antidepresan, dan pengencer darah. Jika Anda mengonsumsi obat resep apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi teh lavender secara teratur untuk menghindari potensi interaksi.

Ingatlah bahwa efek samping lavender relatif jarang, dan kebanyakan orang dapat menikmati teh lavender tanpa mengalami efek samping. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, sebaiknya konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum menambahkan teh herbal baru ke dalam rutinitas Anda.