Helo Indonesia

Fitur Baru WhatsApp ‘Video Note’ Pengganti Video Message yang Lebih Mudah Diakses

Rin - Teknologi
Jumat, 5 Juli 2024 11:40
    Bagikan  
WhatsApp
WhatsApp

WhatsApp - Fitur Baru WhatsApp ‘Video Note’ Pengganti Video Message yang Lebih Mudah Diakses

HELOINDONESIA.COM - WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru bernama Video Note, yang mirip dengan Video Message tetapi lebih mudah diakses.

Fitur Video Note ini sebenarnya sudah ada sejak 2023 dengan nama Video Message, yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman pengguna dalam berkirim pesan.

Sebelumnya, pengguna harus menekan dan menahan ikon kamera dalam percakapan untuk merekam Video Message, yang sering membingungkan karena sering tertukar dengan tombol Voice Note.

Dalam pembaruan ini, pengguna hanya perlu mengklik ikon kamera satu kali untuk membuat Video Note.

Baca juga: Akun TikTok Diblokir? Jangan Panik, Begini Cara Bandingnya!

Ketika pengguna mengklik ikon kamera, mereka akan diarahkan ke tampilan kamera dengan opsi baru, yaitu Video Note. Pengguna dapat menggeser tampilan kamera ke menu Video Note untuk merekam video instan.

Dikutip dari WABetaInfo fitur Video Note sedang diuji coba di WhatsApp Android versi beta 2.24.14.14 dan masih dalam tahap pengembangan, sehingga hanya tersedia untuk pengguna beta.

Fitur ini diharapkan memberikan pengalaman yang lebih efektif dan efisien dalam berbagi pesan melalui kamera.

Baca juga: Trik Cara Melacak Nomor WhatsApp Orang Lain Secara Legal

Dengan fitur ini, pengguna tidak lagi perlu menekan dan menahan ikon kamera. Sebaliknya, cukup dengan sekali klik, sistem akan mengarahkan pengguna ke tampilan kamera dengan opsi Video Note.

Format video yang ditampilkan oleh Video Note dan Video Message cukup serupa, keduanya menawarkan format video berbentuk lingkaran. Namun, durasi maksimal dari Video Note belum diketahui.


Sebelumnya, durasi maksimal Video Message adalah 60 detik.

Fitur Video Note ditujukan untuk mengatasi kebingungan pengguna tentang cara merekam video, diharapkan membuat percakapan di ruang obrolan lebih intuitif. Saat ini, fitur Video Note masih terbatas untuk beberapa pengguna saja.

Pengguna yang bukan beta tester disarankan untuk terus memperbarui aplikasi di Google Play Store atau Apple App Store agar dapat menikmati fitur terbaru dari WhatsApp.