Helo Indonesia

Rawat Rambut dan Samarkan Uban di Kepala Anda dengan Ramuan Teh Berikut Ini

Syahroni - Ragam
Kamis, 29 Juni 2023 18:25
    Bagikan  
Ilustrasi
Pixabay/ SocialButterfltMMG

Ilustrasi - Merawat dan menghilangkan uban dengan menggunakan teh.

HELOINDONESIA.COM - Manfaat kesehatan yang menyertai minum teh bukanlah pengetahuan yang aneh. Daftarnya tidak terbatas, misalnya, kemampuan teh untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Namun, konsumsi teh bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan manfaat dari khasiatnya yang spektakuler. Pembilas teh untuk rambut Anda - ya, menggunakan teh PADA rambut Anda - mungkin akan memberi Anda rambut berkilau yang Anda dambakan.

Bagaimana teh dapat membantu rambut Anda

1. Menghilangkan gatal

Kulit kepala yang gatal bisa disebabkan oleh berbagai sebab, mulai dari stres hingga sekadar reaksi dari produk perawatan rambut Anda. Membilas dengan teh chamomile setelah keramas dapat membantu mengurangi jumlah produk yang tersisa di kulit kepala, yang berpotensi membuat Anda iritasi.

2. Menghentikan kerontokan rambut

Dihydrotestosterone adalah androgen yang dapat hadir di folikel rambut, mengakibatkan kerontokan rambut. Teh hitam dapat membantu mengurangi produksi hormon ini dan menghentikan kerontokan rambut.

Baca juga: 8 Jenis Teh Berikut Ini Mampu Membantu Anda Mengatasi Kram Saat Menstruasi

3. Memperpanjang rambut Anda

Kafein menyelam jauh ke dalam folikel rambut Anda dan mendorong sirkulasi, yang merangsang pertumbuhan rambut. Kafein menyebabkan rangsangan dengan cara yang sangat mirip dengan pijatan kulit kepala yang Anda terima di penata rambut. Alasan mengapa hal ini sering ditawarkan kepada pelanggan adalah karena kemampuan pijat untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, sehingga meningkatkan kemungkinan pertumbuhan rambut lebih cepat.

Menggunakan teh untuk mewarnai rambut

Apakah Anda terbelah antara keengganan untuk berpotensi merusak rambut Anda dengan lebih banyak pewarna dan keinginan untuk menutupi uban Anda? Tidak perlu mencari lagi, teh sage adalah alternatif pewarna rambut yang murah dan tidak terlalu merusak, yang juga jauh lebih baik bagi lingkungan. Apa lagi yang bisa Anda minta? Namun, hasilnya tidak instan. Setiap kali Anda membilas rambut dengan teh sage, uban Anda akan semakin gelap. Mereka secara bertahap akan mulai mencocokkan warna rambut Anda yang lain dan menjadi kurang terlihat. Selanjutnya, sifat antioksidan sage akan membantu mengurangi kemungkinan pembentukan uban baru.

Baca juga: Rutin Minum Teh Jahe Setiap Hari, Rasakan 8 Manfaat Kesehatan Berikut Ini

Cara membuat perawatan teh rambut DIY

  • Mulailah dengan merebus ketel. Tuangkan air panas Anda dan tambahkan hingga 5 kantong teh, tergantung potensi yang Anda inginkan. Mungkin mulai dari yang kecil dan tingkatkan hingga lebih banyak kantong teh – lihat jumlah mana yang membuat perbedaan terbesar pada rambut Anda. Sementara ketel direbus dan bilasan teh Anda mendingin, buatlah secangkir teh untuk diri Anda sendiri.
  • Setelah teh perawatan Anda mendingin ke suhu yang aman, mulailah proses mencuci rambut seperti biasa dengan keramas dan kondisioner. Setelah menyelesaikan langkah ini, handuk akan mengeringkan rambut hingga agak lembap. Tambahkan larutan teh ke kulit kepala Anda dan pijat kepala Anda sendiri yang telah kita lewatkan selama penguncian.
  • Selanjutnya, tuangkan cairan yang tersisa ke sisa rambut Anda, pastikan Anda melapisi semua helai rambut Anda. Tutupi rambut Anda dengan shower cap dan tunggu selama 20-30 menit sementara perawatan Anda berhasil. Terakhir, bilas dengan air dan tambahkan kondisioner tanpa bilas untuk helai rambut yang halus dan bernutrisi.