Helo Indonesia

Rutin Minum Teh Jahe Setiap Hari, Rasakan 8 Manfaat Kesehatan Berikut Ini

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 31 Mei 2023 11:24
    Bagikan  
Teh Jahe
ist

Teh Jahe - Rutin mengonsumsi teh jahe bisa memberikan efek baik bagi tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Banyak masalah kesehatan kita dapat diatasi dengan menggunakan rempah-rempah yang kita gunakan dalam masakan kita. Saatnya kita mulai minum teh jahe untuk menurunkan berat badan. Teh ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan tidak mengandung kafein. Itu bisa dibuat dari akar jahe segar atau kering. Jahe adalah bahan penyedap yang populer dan juga memiliki sedikit kalori.

Menurut beberapa data, jahe dapat membantu menurunkan berat badan. Orang dapat menggunakan jahe sebagai suplemen atau menambahkannya ke minuman dan makanan tanpa efek samping. Jahe mengandung zat yang disebut zingerone dan shogaol yang dapat membantu menurunkan berat badan. Zat-zat ini mungkin membantu mekanisme biologis rumit yang membakar dan menyimpan lemak.

Dilansir dari NDTV, berikut 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Jahe untuk tubuh Anda:

1. Meningkatkan penurunan berat badan

Menurut evaluasi penelitian ilmiah secara menyeluruh, jahe efektif menurunkan berat badan, rasio pinggang-pinggul (WHR), dan rasio pinggul (HR). Kadar glukosa darah dan profil lipid juga menunjukkan peningkatan.

2. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah penyebab banyak penyakit kronis seperti radang sendi, penyakit jantung, dan kanker. Jahe mengandung gingerol dan shogaol, senyawa yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat dan dapat menghambat peradangan dengan menghalangi produksi sitokin, yaitu molekul penyebab peradangan.

3. Meredakan mual dan muntah

Jahe adalah obat yang bagus untuk meredakan mual dan muntah yang berhubungan dengan mabuk perjalanan, mual di pagi hari, kemoterapi, dan pembedahan. Sifat anti-inflamasi jahe membantu meringankan masalah pencernaan dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

4. Menurunkan kadar gula darah

Jahe telah ditemukan untuk mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa. Konsumsi teh jahe secara teratur dapat membantu mengelola kadar gula darah pada penderita diabetes.

5. Meningkatkan fungsi otak

Jahe mengandung senyawa yang meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Antioksidan dalam jahe bersifat neuroprotektif dan mengurangi stres oksidatif, yang terkait dengan penurunan kognitif terkait usia.

6. Mengurangi nyeri haid

Teh jahe telah ditemukan untuk meredakan kram menstruasi yang menyakitkan dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi. Sifat relaksan otot jahe juga membantu meredakan ketegangan pada otot rahim, sehingga mengurangi nyeri haid.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh jahe dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol, dua faktor risiko yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan jahe juga mengurangi risiko aterosklerosis, suatu kondisi yang menyempitkan arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. Senyawa dalam jahe telah ditemukan untuk merangsang jumlah sel darah putih dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengurangi kemungkinan sakit dan penyakit.

Secara keseluruhan, konsumsi teh jahe secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan. Dari meningkatkan sistem kekebalan hingga meningkatkan fungsi otak, teh jahe adalah obat alami yang layak untuk dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda.