Helo Indonesia

Bansos yang Akan Cair Bulan Mei 2024, Termasuk BLT Rp 600 Ribu!

Restiyan Ningsih - Ragam
Senin, 13 Mei 2024 21:36
    Bagikan  
BLT 600 Ribu
freepik

BLT 600 Ribu - BLT 600 Ribu

HELOINDONESIA.COM - Pemerintah menyediakan beberapa bantuan dana pemerintah, atau program bantuan sosial yang dijadwalkan akan cair pada bulan mei 2024.

Bantuan ini, nantinya di tujukan kepada KPM atau keluarga penerima manfaat demi meningkatkan kesejahteraan mereka.

Ada beberapa bantuan yang akan cair pada bulan Mei 2024, ini diantaranya adalah:

Baca juga: Jalan Maruga Ditinggikan, Pengguna Jalan Diimbau Berhati-hati Saat Melintas

1. Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2

Penyaluran bantuan PKH sudah mencapai tahap 2 dengan periode penyaluran pada bulan April, Mei, dan Juni 2024. Jadi, jika bantuan PKH tahap 2 belum diterima pada bulan April 2024, kemungkinan besar akan disalurkan pada bulan Mei 2024.

Jumlah bantuan sosial (bansos) PKH tahap 2 yang diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bervariasi, mulai dari Rp 225 ribu hingga Rp 750 ribu, tergantung pada kategori yang mereka masuki.

Baca juga: Jalan Maruga Ditinggikan, Pengguna Jalan Diimbau Berhati-hati Saat Melintas

2. BLT Dana Desa

Bantuan ini merupaan bantuan untuk Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima BLT Dana Desa 2024 sejumlah Rp 300 ribu setiap bulannya. Proses penyaluran BLT Dana Desa 2024 dilakukan per 2 bulan atau 3 bulan sekali, disesuaikan dengan kebijakan pihak desa.

3. Program Indonesia Pintar (PIP)

rogram Indonesia Pintar (PIP) yang diberikan kepada murid di tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial. Bantuan ini juga diberikan kepada pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta murid dengan kebutuhan khusus, termasuk yang terkena dampak bencana alam, yatim piatu, dan korban musibah lainnya.

4. Bantuan Sembako

Bantuan sembako ini secara berkala disalurkan ke rekening masing-masing penerima setiap bulan. Tiap bulan, KPM akan menerima bantuan sembako sebesar Rp 200 ribu. Dahulu dikenal dengan nama Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), bantuan sembako ini diberikan kepada 18,8 juta KPM.

Itulah beberapa bantuan sosial atau Bansos yang dijadwalkan akan cair pada bulan Mei 2024.