Helo Indonesia

Wali Kota Semarang Janjikan dan Menjamin Pilkada 2024 Kondusif

Selasa, 9 Juli 2024 18:16
    Bagikan  
Wali Kota Semarang Janjikan dan Menjamin Pilkada 2024 Kondusif

RAKOR: Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat berbincang dengan Gubernur Jateng Nana Sudjana di sela-sela Rakor Desk Pilkada di Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/7/2024). Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menjanjikan dan menjamin pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 serentak di Kota Atlas akan berjalan kondusif. Persiapan untuk itu sudah dilakukan oleh Pemkot Semarang dan stakeholder yang berkaitan dengan Pilkada.

"Baik di provinsi maupun kabupaten/kota harus siap semua. Persiapan di Kota Semarang sudah matang," kata walikota perempuan pertama di Semarang itu, seusai mengikuti Rapat Koordinasi Desk Pilkada dan Kondusivitas Wilayah di Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/7/2024).

Rapat koordinasi itu sendiri berjalan tertutup, dan hasilnya hanya di dapat dari keterangan peserta. Seperti disampaikan Mbak Ita, panggilan akrab Wali Kota Semarang. Mbak Ita mengatakan dirinya menjelaskan mengenai persiapan-persiapan dan teknis keamanan di wilayahnya.

Juga menyampaikan terkait keamanan Pilkada 2024 di Kota Semarang, tanggung jawab harus dipikul bersama. Sudah barang tentu leading sector ada di TNI-Polri, namun seluruh elemen masyarakat harus mengawal supaya berjalan lancar.

Serentak

Apalagi, pesta demokrasi lima tahunan tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Kondusivitas dalam Pilkada serentak adalah hal yang utama. "Kita bersama-sama harus mengawal, monitoring, dan berkolaborasi. Karena meski keamanan ada di TNI Polri, tetapi Pemkot Semarang dan masyarakat pun menjadi bagian kelancaran, sukses pelaksanaan Pilkada serentak," katanya.

Untuk Kota Semarang, Mbak Ita menyatakan telah siap menyambut pelaksanaan Pilkada serentak, November mendatang. "Insya-Allah Kota Semarang siap semua, di sini juga sudah ada simulasi pengamanan dari Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng," katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengatakan, rapat koordinasi digelar jauh hari sebelum pendaftaran calon kepala daerah dibuka mulai 27 hingga 29 Agustus mendatang.

"Ini jauh-jauh hari sebelum pendaftaran untuk mengingatkan kabupaten/kota dalam menghadapi pesta demokrasi rakyat," kata Nana Sudjana.

Nana mengatakan, seluruh kepala daerah di Jateng harus memastikan kesiapan Pilkada serentak yang pertama digelar di Indonesia ini aman, lancar, dan kondusif. "Partisipasi masyarakatnya harus tinggi, kondusifitas wilayah harus terjaga, tahapan pilkada berjalan baik, dan pelayanan sistem pemerintahan harus berjalan baik," tuturnya.(ADE)