Helo Indonesia

Perkuat Silaturahmi dan Studi Banding, PWI Kabupaten Bangka Barat Kunjungi Pokja PWI Wali Kota Jakbar

M. Haikal - Nasional -> Peristiwa
2 jam 53 menit lalu
    Bagikan  
PWI Jakarta Barat
Foto: ist

PWI Jakarta Barat - PWI Kabupaten Bangka Barat Gelar Kaji Banding ke Pokja PWI Walikota Jakarta Barat pada Selasa (16/7/2024).

HELOINDONESIA.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Diskominfo Kabupaten Bangka Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat pada Selasa (16/7/2024).

Kaji banding ini bertujuan untuk menggali sejumlah informasi mengenai sejumlah program kerja kolaborasi dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para wartawan. Selain itu, untuk memperkuat silaturahmi antaranggota PWI.

Ketua Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat, Kornelius Naibaho menjelaskan, kedatangan rombongan Dinas Kominfo dan PWI Kabupaten Bangka Barat sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan dapat saling belajar dalam pengelolaan informasi.

"Pemkot Adm Jakarta Barat pada era keterbukaan informasi telah memberikan informasi dengan maksimal, diharapkan Dinas Kominfo dan PWI Bangka Barat dapat menimba ilmu dan dapat menyajikan pemberitaan yang baik," kata Kornelius Naibaho saat kaji banding yang digelar di Gedung B Lantai 12, ruang rapat Satpol PP Kota Adm Jakbar.

Baca juga: Kejagung Periksa Sejumlah OPD Pemkot Bandarlampung

"Dalam kegiatan untuk menjalin silaturahmi tersebut, kita juga saling bertukar informasi mengenai sejumlah program kerja yang selama ini sudah dilakukan Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat bersama Sudis Kominfo Kota Adm Jakbar," sambung Kornel.

Pada kesempatan itu, Kornel sangat mengapresiasi dan menerima dengan baik kaji banding pengurus dan anggota PWI Kabupaten Bangka Barat maupun Diskominfo ke Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat.

"Surprise karena Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat dipilih sebagai objek studi banding. Kami ucapkan terima kasih atas kehormatan ini. Mudah-mudahan kami juga nantinya bisa berkunjung ke Bangka Barat untuk menambah wawasan dan silaturahmi," ujar Kornel.

Dalam kegiatan jurnalistik, Kornel mengaku bahwa pihaknya sangat didukung oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat serta pihak swasta yang ada di wilayahnya.

Baca juga: Demokrat Dukung Wakil Wali Kota Banjarmasin untuk Maju Pilkada 2024

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Adm Jakbar, H. Agus Irwanto mengapresiasi agenda kunjungan kerja rekan-rekan Diskominfo dan PWI Kabupaten Bangka Barat.

Diakuinya, bahwa Satpol PP Kota Adm Jakbar dan PWI Jakbar banyak berkolaborasi terkait pemberitaan kegiatan institusinya.

"Terima kasih atas kunjungannya rekan-rekan PWI dan Diskominfo Kabupaten Bangka Barat, kita sama-sama belajar serta menjalin silaturahmi. Mohon maaf bila ada pelayanan kami yang kurang," ucap Kasat Pol PP. 

Pantauan di lokasi, kedatangan rombongan dari PWI dan Diskominfo Kabupaten Bangka Barat yang berjumlah sekitar 27 orang ini adalah untuk belajar terkait efisiensi dalam pengadaan anggaran melalui e-Katalog untuk media massa.

Baca juga: Wali Kota Semarang Luncurkan Empat Inovasi Kesehatan

Adapun, kunjungan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah Kadirah, Kasi KIP Sudis Kominfotik Jakarta Barat Menta Basita Bangun, Kasat Pol PP Jakarta Barat H. Agus Irwanto, Ketua PWI Kabupaten Bangka Barat Husni, dan Kabid Pemberdayaan TIK dan Kehumasan Kabupaten Bangka Barat Meidiyan.

Di sisi lain, Ketua PWI Kabupaten Bangka Barat, Husni menyampaikan, bahwa pihaknya bersama 27 orang dari pengurus PWI, AJI, IJTI dan bersama jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Barat.

"Kerjasama kami dengan Dinas Kominfo luar biasa, kami mencari ilmu di Pokja PWI Wali Kota Jakbar dan Sudis Kominfo Jakbar supaya yang digali bisa diterapkan dan direalisasikan di daerah kami," ujar Ketua PWI Kabupaten Bangka Barat Husni.

Bahkan, Husni pun mengucapkan terima kasih kepada Ketua maupun pengurus Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat, dan Kasudis Kominfo atas sejumlah masukan yang telah diberikan.

Baca juga: Cara Terbaru dan Mudah Mencairkan Gift TikTok Juli 2024, Langsung Cair Anti Ribet

"Hasil kaji banding mengenai program kerja dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilaksanakan Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat ini akan kita implementasikan di PWI Kabupaten Bangka Barat," ucap Husni.

Kendati demikian, Kabid Pemberdayaan TIK dan Kehumasan Kabupaten Bangka Barat, Meidiyan mengungkapkan, studi banding ini dengan tujuan untuk kunjungan kerja bersama dengan mitra media Kabupaten Bangka Barat terkait pengelolaan informasi publik.

"Kami berharap setelah kunjungan kerja studi banding ini akan menerapkan studi tiru terkait pengelolaan informasi publik khususnya kerjasama dengan media," ungkap Kabid Pemberdayaan TIK dan Kehumasan Kabupaten Bangka Barat, Meidiyan.

"Kami dapat banyak masukan dan ilmu dari Kasi KIP Kominfo Jakarta Barat terkait dengan penyusunan, pelaksanaan termasuk juga jika nanti ada kendala seperti apa penyelesainnya, kami sudah diberikan banyak masukan, ini akan menjadi bekal bagi kami untuk menyusun e-katalog di tempat kami," tambah Meidiyan.