Inisiasi Pasar Rakyat, Cara Amal Alghozali Jemput Amal untuk Masyarakat Geyer

Selasa, 19 Desember 2023 08:39
Warga di Kecamatan Geyer menyambut antusias hadirnya pasar tradisional yang dirintis Amal Alghozali

GROBOGAN, HELOINDONESIA.COM - Sebagai langkah strategis mengembangkan ekonomi pedesaan dan sekaligus membantu warga di pelosok desa, Amal Alghozali menginisiasi berdirinya sebuah pasar tradisional baru.

Secara resmi pasar rakyat yang berlokasi di Dusun Ngemplak, Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, dibuka oleh Amal Alghozali disaksikan ribuan warga dan dihadiri perangkat desa setempat, Senin 18 Desember 2023.

Prosesi peresmian pasar rakyat dihadiri ribuan warga setempat. Sejak pagi hari hingga pasar secara resmi dioperasikan, warga setempat sudah tampak memadati area pasar tradisional tersebut.

Baca juga: Bangun Sinergi, Pastikan Perayaan Nataru di Jateng Aman dan Nyaman

''Pasar tradisonal ini dibangun bersama warga desa untuk melayani kebutuhan masyarakat di sekitar Ngemplak dan Asemrudung. Alhamdulillah yang langsung berbelanja banyak sekali, ada ribuan warga. Ini membuktikan bahwa masyarakat di Karanganyar ini perlu pasar tradisional,'' terang Ketua DPP Partai Demokrat bidang Pertanian, Kelautan, dan Pangan, Amal Alghozali.

Calon legislatif DPR Pusat Dapil Grobogan, Blora, Rembang dan Pati ini mengaku senang melihat antusiasme warga yang berbelanja di pasar tradisional ini. Kebutuhan warga yang banyak dicari di pasar tradisonal tersebut, di antaranya beras, minyak goreng, gas elpiji, dan bahkan ada yang mencari solar untuk operasional traktor pertanian.

Kepada wartawan, Amal Alghozali mengatakan, pasar tradisional ini dikembangkan di Dusun Karanganyar, dengan alasan karena wilayah yang berbatasan dengan Sragen ini jauh dari pasar tradisional.

Baca juga: Gubernur Arinal Raih Penghargaan Sebagai Provinsi Peduli Pekerja Migran Indonesia

''Mereka kesulitan mendapatkan bahan sembako, karena jauh dengan pasar tradisional. Dengan dibukanya pasar rakyat ini, diharapkan warga yang bermukim di sekitar hutan dan pelosok desa bisa mendapatkan bahan pokok tanpa harus menempuh perjalanan yang cukup jauh,'' ujar Amal Alghozali.

Senang
Menurut pengamatan Amal, warga sangat senang dengan dibukanya pasar rakyat tersebut. Bahkan yang menarik, di pasar itu bukan hanya menyediakan sembako saja, melainkan juga tersedia aneka obat-obatan dan pupuk pertanian yang setiap saat dibutuhkan oleh warga petani di wilayah Geyer.

''Karena memang Kecamatan Geyer ini, mayoritas petani jagung. Selama ini kios benih pertanian berada di wilayah kecamatan, sehingga ketika membutuhkan benih kacang hijau, jagung, para petani tidak harus mencarinya dengan jarak yang cukup jauh. Selain itu diharapkan perputaran ekonomi juga berjalan lancar,'' ujar Caleg DPR RI, nomor urut 3 Partai Demokrat untuk Dapil Jateng 3 ini.

Salah seorang tokoh warga, Ny Siti Rokimah, yang juga ketua kelompok tani menyatakan sangat senang. Dengan dibukanya pasar rakyat tersebut, warga sekitar Karanganyar tidak perlu bersusah payah berjalan jauh untuk mendapatkan bahan sembako dan aneka kebutuhan warga.

Baca juga: Wamen ATR/BPN Distribusikan 500 Sertifikat PTSL ke Warga Kendal

''Inisiasi Pak Amal Alghozali ini semoga menjadi amal jariyah, karena warga sangat terbantu dengan dibukanya pasar rakyat ini. Karena memang belum ada pasar yang dekat, maka warga biasanya harus berjalan jauh ke pasar Toroh. Namun dengan adanya pasar baru ini warga akan semakin dimudahkan,'' ujar Siti Rokimah.

Hal senada diakui Mbah Mashut, sesepuh dan salah seorang perangkat Desa Ngemplak. Dia yang hadir mewakili kades setempat mengapresiasi dibukanya pasar tradisional. Pasar baru ini sangat bermanfaat bagi warga Dusun Ngemplak, karena akan memangkas biaya transportasi bila warga akan berbelanja ke pasar.

''Alhamdulillah, niat Pak Amal Alghozali ini benar-benar menjadi amal yang baik, karena atas inisiasinya membuka pasar rakyat, bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan aneka kebutuhan sehari hari dengan mudah dan murah,'' ujar Mbah Mashut. (Aji)

Berita Terkini