Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus Anjau Silau ke Kyay Mirza 

Selasa, 16 Juli 2024 20:50
Forum Relawan Tegak Lurus Jokowi Lampung bersama bacagub Lampung Rahmat Mirzani Djausal (RMD), di kediaman pribadi RMD, Jl Nusa Indah 31B, Pahoman, Enggal Bandarlampung, Selasa (16/7/2024). | Muzzamil Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus Lampung, front strategis 11 organ relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bumi Ruwa Jurai, berkesempatan untuk ber-anjau silau (silaturahmi) dengan bakal calon gubernur Lampung 2024-2029 dari Partai Gerindra, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) atau Kyay Mirza, Selasa (16/7/2024).

Puluhan relawan unsur pimpinan provinsi, sebagian dikawal pimpinan kabupaten/kota, membincangkan hal strategis penjajakan dukungan elektoral hajat pesta demokrasi lokal di 16 Pilkada Serentak 2024 di Lampung, dari ke-11 organ rerata berbasis massa swadiri tersebar di 15 kabupaten/kota se-Lampung.

Serta, bertukar pendapat kans keberlanjutan program unggulan pemerintahan partisipatif - teknokratik Jokowi di era pemerintahan baru Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) konteks Lampung, terbujur di Visi, Misi, Program Kerja Bacagub Lampung bersama Ketua Partai Gerindra Lampung itu.

Persuaan silaturahmi hangat istimewa dihelat. RMD menjamu tetamu politiknya makan siang lauk ayam goreng, tempe goreng, pindang ikan patin plus pecel karedok, diawali Zuhur berjamaah, di kediaman RMD, Nusa Indah 31B Pahoman Kecamatan Enggal Bandarlampung.

Sebelumnya, "Bung Mirza tertarik lebih lanjut bertemu di kediamannya, diskusi banyak hal selain visi misi pencalonannya. Ya banyak hal pokoknya. Beliau kami kira tipe pendengar yang baik ya, butuh banyak sekali input saran, masukan, gagasan, rekomendasi program kerja mendesak jika menang terpilih. Apalagi beliau ini pilihan langsung presiden terpilih Prabowo Subianto yang susah payah turut kami menangkan, Prabowo-Gibran," terang Koordinator Relawan Jokowi Tegak Lurus Lampung, Faisal Sanjaya, pada 2 Juli lalu.

"Semoga bertemu nanti banyak bermanfaat," asa Faisal, Ketua DPD Barisan Relawan Jalan Perubahan (BaraJP) Lampung, aktivis 1998 ini, putra veteran polisi pejuang kemerdekaan, tokoh perintis/Ketua Partai Nahdlatul Ulama Lampung pertama, 1964, Marhasan Sanjaya.

Faisal menginfokan rencana jumpa RMD ini, usai tak sengaja tak janjian sebelum, ngobrol singkat padat bareng RMD sela konsolidasi 54 organ relawan pendukung RMD se-Lampung difasilitasi DPP Gerakan Cinta Prabowo (GCP) pimpinan Kurniawan, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Minggu (23/6/2024) malam.

Sekembalinya para pentolan relawan Jokowi ini meski tak semua, dari konsolidasi ke DPP masing-masing di Jakarta, mukim beberapa lama sebelum-sesudah hadiri tasyakuran sederhana HUT ke-63 Jokowi meski tanpa kehadiran Jokowi, perayaan terakhir sebelum akhir masa jabatan sang Presiden 20 Oktober mendatang; besutan para pimpinan relawan dikomandoi Ketua Umum DPP BaraJP Utje Gustaaf Patty, pada Jum'at (21/6/2024).

Setiba di Lampung, disusul bersua pejawat Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo, di kediaman Dawam, Senin (24/6/2024) siang.

Countdown, Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus Lampung sebelumnya bersua bacagub Lampung lainnya: dari PDI Perjuangan, Umar Ahmad; dari Partai NasDem Herman HN, 12 Juni 2024; salah satu bacagub Partai Golkar Hanan A Rozak, 14 Juni 2024; menyelia, sua Kapolda Lampung Irjenpol Helmy Santika.

Dalam pertemuan Nusa Indah ini, melalui juru bicara Faisal Sanjaya dan ketua Desk Pilkada Sandy Arianto, Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus Lampung juga menyerahkan dokumen politik. Jeroan-nya, hanya mereka, RMD, dan Tuhan Yang Maha Mengetahui, yang tahu.

Dipandu oleh Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Lampung Agustiono (Jambrong), Sekretaris DPD BaraJP Lampung Johan Effendy mengutarakan maksud dan tujuan kehadiran Forum.

"Yang mana, pak calon gubernur, bapak Rahmat Mirzani Djausal, kedatangan kami dan kawan-kawan Relawan Jokowi Tegak Lurus Lampung terdiri 11 organ ini tentu selain bersilaturahmi ingin menanyakan apa, seperti apa visi misi, program yang akan kita bawa kedepannya. Seperti apa," mukadimah Johan.

"Mudah-mudahan, harapan kami bersama, semoga kita duduk bareng di sini tentunya mempunyai persamaan-persamaan, visi misi yang dijunjung tinggi oleh para relawan melalui program-program pemerintah. Mudah-mudahan, akan selaras dengan program program dari bapak Rahmat Mirzani Djausal nantinya," tuntas prakata. Johan mendoakan RMD selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam berjuang pada Pilgub nanti.

Sahibul hajat RMD, pidatonya mengaku dia senang sekali Selasa siang, kediamannya kedatangan relawan Jokowi. "Alhamdulillah. Temen-temen mengingat rangkaian Pemilihan Presiden telah usai, saya melihat bagaimana kerja-kerja tim relawan Jokowi di Lampung, dimana bersama-sama kita memenangkan Prabowo-Gibran hingga kita mendapatkan kemenangan hampir 70 persen. Kemenangan 70 persen itu pertanda."

"Kemarin saya dipanggil pak Prabowo. Beliau katakan, 'saya bangga, saya apresiasi atas kemenangan telak di Lampung, berkat kerja kader partai dan relawan-relawan yang kerja dari hari ke hari berjuang mendukung, menyuarakan kepada masyarakat untuk memilih Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029'. Tapi visi besar dari presiden terpilih kita itu beliau katakan ini bukan hanya kemenangan, ini juga amanat."

Untuk, "menjalankan dan merealisasikan Visi dan Misi Kabinet Prabowo-Gibran 2024-2029 yakni 'Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045'," ujar RMD.

Pengingat, narasi tunggal visi ini. "Bersama": Prabowo dan Gibran mengajak putra putri terbaik bangsa dari semua latar belakang yang memiliki kesamaan tekad untuk bekerja sama.

"Indonesia Maju": Membangun bangsa dengan dasar fondasi kuat yang dibangun oleh kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Menuju": Dengan tujuan jelas, yaitu "Indonesia Emas": Negara yang setara dengan negara maju di 2045/lebih cepat.

Selanjutnya, RMD yang tampil berkopiah hitam, menohok lebih pada garis besar visi misi itu, dengan menekankan, andai kelak menang terpilih Pilgub Lampung 27 November 2024, dirinya sebagai gubernur pengampu visi misi Lampung Maju yang mesti tuntaskan banyaknya persoalan rakyat hasil dari dia belanja masalah, juga membantu Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto merealisasikan Visi Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045 itu. Di Lampung.

"Visi misi saya itu, disusun hasil 30 kali FGD bersama rakyat, bersama masyarakat di seluruh Lampung. Setelah itu juga bersama para akademisi. Dan membaca sekilas draf ini (dokumen politik Forum, red) barusan ini tadi, banyak kemiripannya. Insyaallah," ujar RMD, menanggapi atensi Faisal Sanjaya saat sesi diskusi, disahuti aplaus hadirin.

Kuat pesan RMD, termasuk dalam penyiapan proporsi anggaran daerah kelak jika terpilih, untuk memastikan visi misi, dan program kerja pemerintahan Prabowo-Gibran sempurna eksekusi, di Lampung.

"APBD kita (Provinsi Lampung) ini kecil, cuma Rp8 triliun. Penduduk hampir 10 juta. Kita bisa (bangun) apa. Anggaran gubernur itu saya hitung cuma Rp1 triliun yang bisa digerakkan untuk belanja langsung," ungkap politisi cum legislator kelahiran Kotabumi, Lampung Utara, 18 Maret 1980, anggota DPRD Lampung saat ini dan kembali terpilih periode mendatang.

Sementara, misal untuk pembiayaan program unggulan makan siang gratis dan minum susu gratis bagi seluruh anak siswa sekolah, selain benang merah pemberdayaan ekonomi warga masyarakat lokal, "dari mana sayurnya, dari mana telurnya", pemerintah daerah nantinya dipastikan tak cukup hanya mengandalkan pagu APBN saja, atau APBD Lampung saja. Mesti ada satu keberimbangan.

Menarik, RMD juga sedikit membocorkan hasil kerja internal tim, soal pagu ketersediaan plus ketercukupan rantai pasok minum susu gratis. Dia telah ancar-ancar dua lokus pemijahan dan pemerahan susu sapi segar, persiapan. Hulu hilir piranti pendukung kedua program unggulan tersebut dirinya matang persiapkan. Kendati program ini disigi terlaksana full 2028.

Juga, soal strategi serapan tenaga kerja lokal di sektor sektor ekonomi penggerak sesuai dengan kearifan lokal. Program peningkatan kualitas sumber daya manusia ujar RMD,

Pun soal keberpihakan proporsi kepemilikan hak pemanfaatan lahan antara untuk rakyat dengan untuk korporat. RMD lugas menyebut kata "adil" dalam melihat kontekstualitas keberpihakan pemimpin daerah.

"Tentu akan ada yang merasa dirugikan. Yaitu korporasi. Makanya penting kita nanti dalam melihat dan memperlakukannya secara adil," kunci RMD, sadar sengkarut laten konflik agraria, sejatinya bom waktu di Lampung.

Ketua DPW Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Lampung Juliansyah Lubis selaku "yang dituakan", mengibaratkan jika RMD ini merupakan suatu produk, maka dia berpandangan, "masuk barang itu," ujar dia disambut gerrr riuh hadirin.

Ada pun, satu-satunya pimpinan organ yang telah bergelar haji, Ketua DPW We Love Jokowi Lampung Warsito, bak menyimpulkan.

"(Setelah kami) Siang malam berkolaborasi dengan kawan-kawan, itu, apa namanya, saat ini, bagaimana baiknya dan mudah-mudahan calon gubernur yang akan kita dukung nanti bisa bersinergi dengan kami. Yang Insyaallah, dan Alhamdulillah setelah berkomunikasi dengan bakal calon bakal calon gubernur yang lain, kawan-kawan mengerucut satu nama, yaitu Kyay Mirza," skakmat Warsito.

Faisal Sanjaya, koordinator, berterima kasih atas sambutan istimewa RMD. "Kami merasa diperlakukan seperti keluarga," tandasnya, menilai pertemuan tertunda dua pekan itu strategis, senapas dengan spirit harapan keberlanjutan, serta seiring dengan transisi damai estafet kepemimpinan nasional dari Presiden ke-7 RI Jokowi ke Prabowo-Gibran.

RMD sambut baik sinyal kuat "naga-naganya" preferensi dukungan politik relawan militan Jokowi tergabung Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus Lampung padanya Pilgub nanti.

RMD bahkan menyebut-nyebut kode, "awal Agustus", "deklarasi", dan "bekerja bersama".

Perinci abjad organ Forum, hadir Ketua DPD BaraJP Lampung Faisal Sanjaya didampingi sekretaris Johan Effendy, Dhartoni, Soldan Gustomi, serta Robinson dan Rahmatullah (BaraJP Lampung Timur); Ketua DPW Generasi Rakyat Indonesia (Gerindo) Lampung M Nur dan sekretaris Sudiono; serta Ketua DPD Gibran Fans Lampung Kahfi.

Lalu, Ketua DPW Gerakan Rakyat Nusantara (GRN) Lampung Sunardi, sekretaris Hamzah Fajrin; Ketua DPD Jokowi Independent (JOIN) Lampung Obi Tuac, Ketua DPW JPKP Lampung Juliansyah Lubis didampingi Ketua DPC Bandarlampung Arif dan Ketua DPC Lampung Timur Aji Sira Dilaga.

Juga, Ketua DPD Posraya Indonesia Lampung Sandy Ariyanto didampingi sekretaris Firman Supriyatna, serta Amsori, Dani, Dede, Fitra, Suparno dan Ketua DPC Posraya Indonesia Way Kanan Adi Candra; Ketua Santri Milenial Lampung Gus Azat Sudrajat, dan sekretaris Fahtoni, bendahara Abdul Lutfi; Sekretaris DPW Solidaritas Merah Putih (Solmet) Lampung Dwi Prasetya mewakili ketuanya Cristian Janata, Ketua DPW We Love Jokowi (WLJ) Lampung Warsito dikawal Pakde Sam.

Ini, ke-10 organ yang mempermaklumkan diri ke publik melalui rembuk Deklarasi Palang Besi, Kemiling Bandarlampung 26 Mei 2024. Organ tambahan, DPW Tim 7 Lampung, saat sua RMD diwakili Meta. Hadir lainnya, Heri Usman JRMK, tim Litbang Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus Lampung Muzzamil, dan Robi Sudrajat. (Muzzamil)

 - 

Berita Terkini