Helo Indonesia

Wamen ATR/BPN Distribusikan 500 Sertifikat PTSL ke Warga Kendal

Selasa, 19 Desember 2023 04:48
    Bagikan  
Wamen ATR/BPN Distribusikan 500 Sertifikat PTSL ke Warga Kendal

Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni saat menyerahkan sertifikat PTSL ke warga Kabupaten kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 500 sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) didistribusikan langsung oleh Wakil Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni kepada warga di Kabupaten Kendal, pada Senin, 18 Desember 2023.

Penyerahan sertifikat PTSL juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Jawa, Dwi Purnama, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal, Agung Taufik Hidayat.

Baca juga: Hasil Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2023/2024

Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni mengatakan, 500 sertifikat yang diserahkan tersebut merupakan bagian Program PTSL tahun 2023 dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini dengan bantuan Mas Bupati Dico akhirnya kami bisa menyerahkan 500 sertifikat dari total sekitar 24 ribu sertifikat pada tahun ini," ujar Wamen ATR/BPN.

Wamen Raja Juli Antoni menjelaskan, program pengurusan sertifikat tanah PTSL merupakan bentuk komitmen Presiden Joko Widodo untuk memberikan kepastian hukum pada tanah milik warga.

“Insyaallah tahun depan, sebelum Pak Jokowi lengser, Kendal akan kita maksimalkan proses pendaftaran sertifikat tanahnya. Sehingga ada kepastian hukum dan akan menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat," jelasnya.

Peningkatan Kesejahteraan

Disampaikannya, sertifikat yang telah diterima warga nantinya dapat digunakan masyarakat sebagai modal pendampingan usaha. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Sertifikat bapak-ibu ini sudah bisa disekolahkan. Tetapi dihitung secara cermat agar aset ini tidak sampai hilang. Jadi untuk peningkatan usaha, peningkatan modal," tandas Wamen Raja Juli Antoni.

Baca juga: Ganjar Siapkan Tiga Strategi Sakti Turunkan Harga Bahan Pokok

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Jawa, Dwi Purnama menjelaskan, di Jawa Tengah perkuraan terdapa 21,5 juta bidang tanah. Dan yang sudah terukur hampir 20 juta bidang tanah. Diharapkan jumlah bidang tanah yang belum terukur dapat segera terselesaikan di tahun 2024.

Ia menyebut di Kabupaten Kendal memiliki tujuh layanan prioritas yang mempercepat proses layanan terkait sertifikat di Kantor ATR/BPN.

"Kinerja tujuh layanan prioritas di Kendal ini sudah mencapai 99,9 persen. Terima kasih atas supportnya kepada Pak Bupati," ujarnya.

Baca juga: Kesbangpol Dukung Agenda PWI Jateng untuk HPN 2024

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan, jumlah bidang Tanah Terdaftar di Kabupaten Kendal sebanyak 585.757 bidang, yang sudah bersertipikat mencapai 510.934 bidang atau 87.22 persen.

“Untuk Tahun 2023 ini, kegiatan PTSL dilaksanakan di 14 Kecamatan terdiri dari 37 Desa sebanyak 24.644 Sertipikat telah selesai diterbitkan dan dalam proses pembagian sertipikat,” terang Dico.

Dirinya juga berterima kasih kepada Wamen ATR/BPN yang telah mendistribusikan sertifikat kepada warga Kendal.

"Mudah-mudahan dengan pendistribusian ini bisa memaksimalkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Anik)