Helo Indonesia

Kesbangpol Dukung Agenda PWI Jateng untuk HPN 2024

Senin, 18 Desember 2023 20:41
    Bagikan  
Kesbangpol Dukung Agenda PWI Jateng untuk HPN 2024

Kepala Kesbangpol Jateng Haerudin berpose bersama jajaran pengurus PWI Jateng dan Panitia HPN 2024

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Tengah mendukung dan mengapresiasi agenda Dialog 5 Rektor yang digagas PWI Jateng dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) pada 7 Februari 2024 mendatang di Kampus Universitas Semarang.

Dukungan tersebut disampaikan Kepala Kesbangpol Jateng Haerudin saat menerima audiensi pengurus PWI dan Panitia HPN 2024 di kantornya, Senin 18 Desember 2023. Rombongan dipimpin Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana, didampingi Ketua Panitia HPN Bakti Yudatama dan pengurus lainnya.

Baca juga: Mampir di Sukorejo Kendal, Kaesang Pangarep Beri Pesan Pemilu Damai 2024

''Sebagai mitra, tentu kami apresiasi kegiatan PWI. Yang namanya HPN atau hari ulang tahun memang tidak bisa mundur atau maju meskipun di tahun politik. Kami kira tidak ada masalah sepanjang dalam konteks turut mendukung terselenggaranya Pemilu yang damai. Kami support, sekaligus kami ajak wartawan untuk menyuarakan Pemilu Damai di tahun 2024,'' kata Haerudin, yang didampingi Kabid Ketahanan Bangsa Musichah Setiasih, dan Analis Kebijakan Ahli Muda Muhammad Harun Arrosyid.

Menurut Haerudin, wartawan dan media sesungguhnya memiliki peran sentral dalam menciptakan pemilu yang damai. Melalui pemberitaan yang masif, kata dia, media bisa menanamkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

Dia menyatakan, pihaknya berharap kolaborasi dan sinergitas dengan PWI akan terus diperkuat. Pasalnya, media dan wartawan merupakan partner bagi Kesbangpol dalam menyosialisasikan program-programnya.

Baca juga: Syuting Selama Dua Tahun di Drakor Gyeongseong Creature, Park Seo Joon Mengaku Sulit Pakai Bahasa Gaul dengan Han So Hee

Di bagian lain, Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana menjelaskan, bahwa penyelenggaraan HPN tahun 2024 tidak seperti agenda tahun-tahun sebelumnya karena berimpitan dengan pelaksanaan pesta demokrasi yaitu Pilpres dan Pileg.
Meskipun demikin, agenda HPN tetap diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan Pemilu.

Salah satunya, kata dia, adalah Dialog 5 Rektor diagendakan berlangsung di Gedung Ir Widjatmoko USM pada 7 Februari 2024 mulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB. Tema yang diusung pada dialog kali ini adalah ''Memilih Pemimpin dengan Bertanggung Jawab''.

Agenda tersebut nantinya menghadirkan Rektor USM Dr Supari ST MT, Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom, Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MHum, Rektor Unwahas Prof Dr KH Mudzakkir Ali MA, dan Rektor UKSW Salatiga Prof Dr Intiyas Utami SE Msi Ak, CA, CMA QIA CFra.

Ratusan Mahasiswa

Ketua Panitia HPN Bakti Yudatama menambahkan, perayaan HPN tahun 2024 digelar menyesuaikan dengan kondisi agenda politik nasional. Dialog 5 Rektor menjadi salah satu agenda penting di HPN nanti.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S24, Sinyal Kuat Hadir di Indonesia

''Kami melibatkan ratusan mahasiswa dari lima perguruan tinggi tersebut untuk menyemarakkan acara,'' tambah wartawan senior RRI Semarang itu.

Selain Dialog 5 Rektor, kata dia, ada kegiatan Khataman Alquran pada 8 Februari 2024. Beberapa acara yang disusun pada 9 Februari 2024 meliputi ziarah ke makam wartawan senior, penyerahan tali asih dan bingkisan kepada janda wartawan, serta resepsi HPN di Gedung Pers. (Aji)