Helo Indonesia

Api di Tungku Belum Padam, Dapur Rumah di Bukateja Terbakar

Kamis, 6 Juni 2024 20:36
    Bagikan  
Api di Tungku Belum Padam, Dapur Rumah di Bukateja Terbakar

Petugas dari Polsek Bukateja saat memantau pemadaman api dalam kebakaran rumah di Bukateja

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Rumah warga di Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, terbakar pada Kamis pagi 6 Juni 2024. Penyebab kebakaran diduga akibat api tungku yang belum sepenuhnya padam isi digunakan memasak.

Kapolsek Bukateja Iptu Dono Hendarto menjelaskan, kebakaran menimpa dapur rumah milik Marsidi (65) di Desa Kembangan RT 4 / RW 3, Kecamatan Bukateja. Kebakaran diketahui pukul 08.30 WIB.

"Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Namun bangunan dapur rumah korban berukuran 3,5 x 5 meter ludes terbakar," paparnya.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Pariwisata USM Laksanakan KKL ke Disbudpar Banyuwangi

Disampaikan dia, kebakaran pertama kali diketahui oleh saksi bernama Agus Mujiono (37) tetangga korban yang melihat kepulan asap dari dapur rumah Marsidi. Saksi kemudian mendatangi lokasi dan meminta tolong warga.

Warga yang datang kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Api berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran didatangkan ke lokasi.

Berdasarkan keterangan korban sebelum kejadian korban pada pagi hari memasak di dapur. Kemudian mematikan tungku dan ditinggal kegiatan yang lain. Diduga Tungku belum sepenuhnya padam hingga menyebabkan kebakaran.

"Dari hasil pemeriksaan dan keterangan korban penyebab kebakaran diduga akibat api dari tungku kayu bakar belum sepenuhnya padam usai digunakan. Kemudian ditinggal pergi hingga terjadi kebakaran," ungkapnya.

Baca juga: Grebeg Besar Demak, Gunungan Tumpeng Sanga Dibagikan dalam Bungkusan demi Jaga Ketertiban

Kapolsek menambahkan akibat kebakaran tersebut dapur rumah korban terbakar dari atap hingga perabotan yang ada di dalamnya. Kerugian materil ditaksir mencapai Rp 3 juta. (Aji)