Helo Indonesia

PPDB SMAN/SMKN di Jateng Diluncurkan, Kadisdikbud : Serba Transparan No Titip, No Jastip

Selasa, 4 Juni 2024 07:24
    Bagikan  
PPDB SMAN/SMKN di Jateng Diluncurkan, Kadisdikbud : Serba Transparan No Titip, No Jastip

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana didampingi Kadisdik Jateng Uswatun Hasanah meluncurkan PPDB SMAN/SMKN di Jateng. Foto: hms

SOLO, HELOINDONESIA.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana meluncurkan aplikasi website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri tahun 2024, di SMAN 9 Surakarta, pada Senin 3 Juni 2024.

“Launching PPDB Tahun 2024/2025. PPDB ini Insyaallah dilakukan pada 6 Juni 2024. Rencana, 11-24 Juni akan mulai aktivasi berkas,” tutur Nana, saat peluncuran PPDB tingkat SMA /SMK Negeri, yang ditandai pemukulan gong dan pemutaran animasi pengenalan aplikasi berikut informasi mendalam soal PPDB.

Baca juga: BBM Petasol Karya Anak Bangsa akan Diterapkan di Kota Semarang

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Uswatun Hasanah mengatakan, PPDB diharapkan terus memerhatikan akuntabilitas.

“(PPDB) serba transparan, no titip-titip, no terima jastip (jasa titip), dan kita mengawal PPDB dengan baik,” kata Uswatun, seperti dikutip dari jatengprov.go.id.

Bertambah 4.000

Pihaknya berharap, PPDB berjalan bagus dan terjadi penambahan murid sekitar 4 ribu lebih dibanding tahun lalu. Ia menuturkan, ada hal yang berbeda dari PPDB tahun lalu, di antaranya sudah ada integrasi Peraturan Sekretaris Jendral (Persesjen) Kemendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023 tentang Juknis PPDB, di mana migrasi atau perpindahan peserta didik yang lebih dari satu tahun harus diikuti keluarga atau orang tua.

Yang berbeda lagi, lanjut Uswatun, nilai yang awalnya tujuh mata pelajaran (mapel), menjadi sembilan mapel, dengan menambahkan pelajaran seni budaya dan PJOK.

Baca juga: Pompa Semangat Atlet Anggar Pelatda PON, Bona: Persiapan Matang akan Tuai Prestasi Gemilang

Ditambahkan, beberapa sekolah baru telah dibangun. Di antaranya, SMA Tawangmangu, SMK Pagentan di Banjarnegara, SMK Lumbir di Banyumas, SMAN 9 Surakarta, dan lainnya.

Pihaknya juga terus berupaya menjaga website tidak error, bekerja sama dengan PT Telkom. Selain itu, pihak ombudsman dan Inspektorat selalu mengawasi website PPDB. (Aji)