Helo Indonesia

Musim Kemarau 2024 di Kalsel Diprediksi Pertengahan Juni

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 26 April 2024 21:22
    Bagikan  
Kemarau
Bahaya Karhutla

Kemarau - Musim Kemarau di Kalsel rentan musibah kebakaran.hutan dan lahan dan kekeringan. (ist/heloindonesia)

HELOINDONESIA.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi awal musim kemarau di Kalimantan Selatan tahun 2024 dengan variasi waktu yang berbeda-beda. Menurut BMKG, kemarau diprediksi mulai menampakkan diri dari pertengahan Juni hingga awal Agustus.

Prediksi awal musim kemarau pada bulan Juni diperkirakan akan melanda sebagian besar wilayah seperti Barito Kuala, Banjarmasin, Banjarbaru bagian utara, serta sebagian kecil dari Banjar, Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan, dan Tabalong.

Sementara itu, bulan Juli diprediksi akan menjadi awal musim kemarau bagi sebagian wilayah Tabalong bagian utara, HST bagian selatan, HSS bagian timur, Tapin bagian timur, Banjar bagian timur, Banjarbaru, dan sebagian Tanah Laut bagian barat.

Pada bulan Agustus, kemarau diperkirakan akan mulai melanda sebagian besar Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, serta sebagian kecil HSS, HST, dan Balangan bagian timur.

Koordinator BMKG Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) Kalsel, Georoeh Tjiptanto, mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat Kalsel untuk mempersiapkan diri menghadapi musim kemarau tahun 2024. "Imbauan ini terutama ditujukan untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi setiap tahunnya di beberapa wilayah di Kalsel," katanya Jumat (26/4/2024).

Tjiptanto juga mengingatkan pentingnya tindakan antisipasi terutama di wilayah yang sensitif terhadap curah hujan tinggi dan genangan, seperti wilayah pertanian dan hortikultura.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mengoptimalkan budaya penyimpanan air, baik dalam skala kecil maupun besar, dengan melakukan gerakan memanen air hujan untuk memenuhi kebutuhan air di danau, waduk, embung, kolam retensi, dan tempat penyimpanan air buatan lainnya.