Helo Indonesia

Jelang Lebaran, Bupati Bersama Forkopimda Kendal Cek Harga dan Stok Bapokting

Senin, 1 April 2024 20:02
    Bagikan  
Jelang Lebaran, Bupati Bersama Forkopimda Kendal Cek Harga dan Stok Bapokting

Bupati Dico M Ganinduto saat mengunjungi Pasar Kaliwungu. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Guna memastikan kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Kabupaten Kendal aman, Bupati Dico M Ganinduto, bersama Ketua DPRD Muhammad Makmun, Forkopimda Kendal melaksanakan sidak ke sejumlah pasar tradisional, pasar modern, minimarket maupun swalayan.

Monitoring pertama dilaksanakan di Swalayan Sentral Kaliwungu dan Pasar Pagi Kaliwungu, Senin 1 April 2024. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kendal Sugiono, Kepala Badan Kesbangpol Kendal Alfebian Yulando, Kepala Disdagkop dan UKM Kendal Toni Ari Wibowo.

Baca juga: Kapolres Demak Beri Penghargaan kepada Anggota Berprestasi dan Satpam

Pada kesempatan tersebut Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama rombongan mengecek dan menanyai para pedagang terkait harga dan stok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, cabai, bawang merah, daging sapi, daging ayam dan lain sebagainya.

Usai melakukan pantauan, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, berdasarkan pantauan yang dilakukan, dipastikan bahwa menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, kondisi harga dan stok bapokting di Kendal terbilang aman.

"Saya berkunjung untuk melihat stabilitas harga bahan pokok terpantau stabil, dan menjelang Idufitri ini tidak ada kenaikan. Tadi saya tanya langsung ke pemilik swalayan, stok relatif aman. Jadi tidak ada kendala dan masalah terkait dengan kebutuhan pokok dari sisi harga maupun dari sisi stoknya," ungkapnya.
Sementara terkait harga bawang merah yang mengalami kenaikan sedikit, menurutnya hal tersebut disebabkan lantaran pengaruh supply dan demand.

Baca juga: Purwokerto Half Marathon Segera Digelar, Pendaftaran Dibuka 1 April 2024

"Kita akan identifikasi dari hasil pemantauan hari ini, kita melihat yang namanya ilmu dagang supply dan demand. Intinya semua aman, cuma bawang merah ini akan kita tindaklanjuti seperti apa nanti kita bisa mengintervensi," tegas Bupati Dico.

Masih Stabil

Sementara, Kepala Disdagkop Kendal, Toni Ari Wibowo mengungkapkan, secara umum harga maupun stok bapokting di Kabupaten Kendal masih aman dan stabil. Kenaikan harga hanya terjadi pada bawang merah, cabai dan beberapa iten lainnya seperti ayam potong.

"Secara umum harga bapokting di Kabupaten Kendal sudah stabil malah ada kecenderungan turun. Untuk kenaikan memang ada beberapa item, seperti bawang putih, cabai memang naik Rp 500 hingga Rp 1.000," ungkapnya.

Baca juga: Jelang Hari Raya, KPK Imbau Pegawai Negeri & Penyelenggara Negara Tolak Gratifikasi

Sementara terkait kelangkaan gas LPG 3 kilogram yang banyak dikeluhkan warga, menurut Toni hal tersebut terjadi karena keterlambatan distribusi.

"Kalau stoknya tidak ada pengurangan dari Pertamina. Kita melihat memang ada kekosongan dua hari karena libur waktu lalu, sehingga tidak ada distribusi dari Pertamina sehingga sempat membuat adanya kelangkaan," beber Toni.

Dirinya mangimbau kepada seluruh warga agar tidak panic buying menjelang Hari Raya Idul Fitri, karena pemerintah menjamin stok bapokting di Kendal aman. (Anik)