Helo Indonesia

Kemendagri Tekankan Upaya Pengendalian Inflasi di Daerah Agar Dilaksanakan Melalui Upaya Konkrit

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 27 Maret 2024 14:23
    Bagikan  
Kemendagri Tekankan Upaya Pengendalian Inflasi di Daerah Agar Dilaksanakan Melalui Upaya Konkrit

Sekdaprov Fahrizal Darminto, mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah (virtual)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah (virtual), di Ruang Command Center Lt.II Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Senin (25/3/2024).

Rapat yang dipimpin oleh Irjen Kemendagri Tomsi Tohir yang menyebutkan bahwa masih terdapat Provinsi yang Kabupaten/Kotanya belum melakukan upaya konkrit sesuai arahan mendagri, guna upaya pengendalian inflasi daerah.

Baca juga: Riana Sari Arinal mengikuti Pengajian Rutin Bulan Ramadan 1445 H

"Saya harap setelah ditayangkan data-data 214 Provinsi atau Kabupaten/Kota yang belum melaksanakan upaya pengendalian inflasi, dapat melaksanakan upaya sesuai dengan arahan Mendagri," ujar Irjen Kemendagri Tomsi Tohir

Irjen Kemendagri juga menyebutkan 6 upaya konkrit pemda dalam penanganan inflasi daerah yakni melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan BTT serta dukungan transportasi dari APBD.

Kegiatan operasi pasar murah dihimbau untuk dilakukan dengan sebenar-benarnya yaitu dengan mengumumkan kepada masyarakat yang berkepentingan agar dapat melakukan pembelian, guna membantu dan dilaksanakan secara terus menerus agar berdampak.

Baca juga: Gubernur Lampung Diwakili Kadis Perindag Mengikuti Kegiatan Sosialisasi Mode CAWI

Irjen Kemendagri mengatakan bahwa tingkat inflasi bulanan Februari 2024 lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan bulan yang sama di tahun lalu.

Sementara itu Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Pudji Ismartini memaparkan Inflasi kelompok makanan, minuman, tembakau pada momen ramadan dan idul fitri secara historis, selalu mengalami inflasi selama momentum ramadan dan Idul Fitri tahun 2021 hingga 2023. Inflasi tertinggi terjadi di bulan April 2022 yaitu sebesar 1,76% dengan andil sebesar 0,46% terhadap inflasi nasional.

Komoditas minyak goreng memberikan andil terbesar pada bulan ini sebesar 0,19%, minyak goreng, daging ayam ras, dan bawang putih perlu diwaspadai karena mengalami kenaikan harga.