Helo Indonesia

Program Kolaborasi Festival Ramadhan 1445 Hijriah, Kemenag Tubaba Saluran Ribuan Paket Sembako

Jumat, 22 Maret 2024 20:03
    Bagikan  
Program Kolaborasi Festival Ramadhan 1445 Hijriah, Kemenag Tubaba Saluran Ribuan Paket Sembako

Foto bersama setelah pembagian paket sembako (Foto Rohman /Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, berkolaborasi bersa Kabupaten ma Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Nahdlatul Ulama (LazisNu) dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu) memberikannya ribuan paket sembako kepada kaum dhuafa, anak yatim, dan fakir miskin.

Pembagian sembako ini, sesuai dengan instruksi dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian RI untuk menyukseskan Program Kolaborasi Festival Ramadhan 1445 Hijriah / 2024 Masehi dan Pemecahan Rekor muri Pembagian 1 Juta Paket Sembako.

Pendistribusian paket sembako ini digelar secara simbolis di aula gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) kantor Kemenag Tubaba, Jumat (22/03/2024).

Dikatakan Kepala Kemenag Tubaba Sanusi, didampingi Kasi Bimas Safari, bahwa bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Maret 2024 mulai pukul 16.00 WIB di Kantor kemenag provinsi, kabupaten dan kota.

"Program Festival Ramadhan ini dalam rangka menyantuni anak yatim, fakir miskin dan dhuafa dengan bantuan 1 juta sembako di seluruh Kanwil Kemenag provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia," ujarnya kepada Helo Lampung.

Menurutnya, total target nasional untuk paket bantuan mencapai 1 juta hingga 1,5 juta paket. Yang anggarannya diambil dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag, serta dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) dari Baznas, LazisNu dan LazisMu di setiap daerah.

“Untuk Kabupaten Tubaba, Alhamdulillah terkumpul sebanyak 1.750 paket sembako. Masing-masing paket senilai Rp.150 ribu, diantaranya berupa beras 2,5 Kg, gula 1 Kg, minyak 1 L, tepung 1 Kg, wafer 1 kaleng, sirup 1 botol, teh 1 kotak, dan mie instan 5 bungkus,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Tubaba H.Purwanto, bersama Ketua LazisNu Ahmad Arif Hidayat, dan LazisMu Bambang Wiyono, berharap agar dengan adanya kegiatan festival ramadhan tahun ini dapat memberikan manfaat dan dampak positif.

“Pendistribusian bantuan ini adalah bentuk kepedulian kita bersama. Meski tidak terlalu banyak, kita berharap bantuan sembako yang telah diberikan dapat sedikit membantu masyarakat yang membutuhkan di bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini,” harapnya. (Rohman)