Helo Indonesia

Mahasiswa KKN UPGRIS Gelar Sosialisasi Tanaman Apotek Hidup di MI Mafatihul Akhlaq

Kamis, 22 Februari 2024 20:31
    Bagikan  
Mahasiswa KKN UPGRIS Gelar Sosialisasi Tanaman Apotek Hidup di MI Mafatihul Akhlaq

Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 18 saat mengedukasi pentingnya tanaman apotek hidup kepada siswa MI Mafatihul Akhlaq. Foto: Ist

JEPARA, HELOINDONESIA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), yang tergabung dalam Kelompok 18 Desa Demangan, melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat dengan mengadakan sosialisasi tanaman apotek hidup Pondok Tahfidz MI Mafatihul Akhlaq, Demangan, Tahunan, Jepara, baru-baru ini.

Sosialisasi diberikan kepada siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 MI Mafatihul Akhlaq.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui pemanfaatan tanaman obat yang dapat ditanam di sekitar lingkungan mereka.

Baca juga: Bentuk Mahasiswa Jadi Organisatoris, BEM FH USM Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN menyampaikan informasi yang lengkap kepada para siswa tentang berbagai jenis tanaman obat yang dapat ditanam di pekarangan rumah atau di lingkungan sekolah. Mereka juga memberikan pemahaman tentang cara menanam, merawat, dan memanfaatkan tanaman-tanaman tersebut sebagai alternatif pengobatan alami untuk menjaga kesehatan.

Rakhmad Hidayat, Penanggung jawab kegiatan, menyatakan, sosialisasi ini tepat untuk anak-anak karena di zaman ini banyak anak yang kurang mengenal tanaman, terutama tanaman yang termasuk dalam konsep apotek hidup.

''Saya berharap dengan sosialisasi apotek hidup ini, siswa-siswi MI Mafatihul Akhlaq dapat lebih memahami pentingnya pelestarian lingkungan serta memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana untuk kesehatan,'' jelasnya.

Baca juga: Letkol Inf Ely Purwadi Jabat Dandim Kendal Gantikan Letkol Inf Jenry Polii

Siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 MI Mafatihul Akhlaq menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Mereka aktif bertanya dan menjawab tentang berbagai tanaman obat dan cara penggunaannya.

Kepala Sekolah Abdul Azis, mengungkapkan kesan positifnya. "Melalui kegiatan sosialisasi apotek hidup, anak-anak dapat memahami konsep pengelolaan apotek hidup, manfaat tumbuhan-tumbuhan yang berguna untuk kesehatan, serta berbagai jenis tanaman yang termasuk dalam kategori apotek hidup,'' katanya.

Kegiatan sosialisasi apotek hidup ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa-siswi MI Mafatihul Akhlaq serta mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan dalam upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan pola hidup sehat di masyarakat. (Aji)