Helo Indonesia

Bentuk Mahasiswa Jadi Organisatoris, BEM FH USM Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Kamis, 22 Februari 2024 19:30
    Bagikan  
Bentuk Mahasiswa Jadi Organisatoris, BEM FH USM Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Peserta LDK yang digelar BEM USM berpose bersama

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2024 dengan tema “Membentuk Jiwa Pemimpin Berintelektual sebagai Organisatoris yang Responsif, Berkualitas, dan Berbudi Luhur" pada 17-19 Februari 2024 di Lapangan Tembak Kodam IV Diponegoro.

Kegiatan diikuti 31 peserta yang merupakan pengurus dan anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM).

Baca juga: Letkol Inf Ely Purwadi Jabat Dandim Kendal Gantikan Letkol Inf Jenry Polii

Ketua Panitia, Zirji Zaidan mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut menjadikan mahasiswa sebagai organisatoris yang dapat memanajemen organisasi dengan pembentukan karakter mahasiswa yang berani dan unggul sehingga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang memiliki moral dan etika.

Gubernur BEM FH USM, Aziyzah Qurrotu A'yun Sultonu Mas'ad mengatakan, Latihan Dasar Kepemimpin memiliki peran yang sangat penting sebagai langkah awal dalam membentuk jiwa pemimpin yang tangguh, profesional, berintelektual, berkualitas, responsif dan berbudi luhur.

''Segala pemikiran sikap dan integritas harus di miliki untuk mencapai tujuan dalam berorganisasi,'' kata Aziyzah.

Baca juga: Program Doktor Terapan untuk Penuhi Kebutuhan Riset dan Inovasi Industri

Wakil Dekan FH USM, Dhian Indah Astanti SH MH berharap, kegiatan LDK dapat menjadi kegiatan orientasi khususnya bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan di dalam menerapkan dasar dasar kepemimpinan.

Selain itu juga mahasiswa mampu bersikap yang kritis, berpikir yang kritis, bagaimana mahasiswa mampu menyelesaikan suatu masalah atau problem solving terkait isu- isu yang muncul.

Secreening

Pada hari pertama kegiatan di Lapangan Tembak Kodam IV Diponegoro, para peserta melaksanakan screening tugas kemudian dilanjutkan pemaparan materi Manajemen Organisasi oleh Ridzky Wahyu Nugroho.

Dalam kesempatan itu Nugroho memberikan materi tentang ''Manajemen organisasi sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya lain yang ada dalam organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan''.

Baca juga: Prajurit Resimen Artileri 3 Marinir Laksanakan Cross Country Tingkatkan Ketahanan Dan Kekuatan Fisik

Selain Nugroho, beberapa narasumber menyampaikan pemateri antara lain Mutiara Apriliyani yang memberikan materi terkait Landasan Konstitusi. Kemudian Dosen Fakultas Hukum USM Muhammad Iftar Aryaputrra SH MH menyampaikan materi terkait Problem Solving dilanjutkan Pengenalan BEM USM, DEMA USM, dan DEMA FH.

Sedangkan Dr Tri Mulyani SPd SH MH, menyampaikan materi terkait Moral dan Etika seorang Organisatoris. Kemudian M Khusnul Mubaroq SH menyampaikan materi terkait Berpikir Ilmiah dan Kritis. Pemateri lain adalah Mufti Maghfur Riyadi SH yang menyampaikan materi Sejarah BEM.
Pada sesi terakhir, peserta mengikuti outbound. (Aji)