Mirip TikTok, Inilah 6 Fitur Baru YouTube Shorts 2024

Minggu, 14 Juli 2024 12:18
Rin
6 fitur baru yang akan hadir di platform video pendeknya, Shorts,ada yang mirip dengan TikTok, penasaran Unsplash / Szabo Viktor

HELOINDONESIA.COM - YouTube mengumumkan 6 fitur baru yang akan hadir di platform video pendeknya, Shorts, dalam waktu dekat. Ada yang mirip dengan fitur TikTok?

Ya, beberapa fitur ini mirip dengan yang ada di aplikasi pesaing seperti TikTok, seperti Add Voice dan Add Yours.

6 Fitur Baru YouTube Shorts

Berikut penjelasan lengkap mengenai keenam fitur baru YouTube Shorts yang diumumkan pekan ini:

1. Auto Layout

Auto Layout memungkinkan YouTube Shorts memperbesar (zoom) dan mengikuti gerakan objek dalam video, sehingga video menjadi lebih estetik dan tidak monoton.

Baca juga: Kepergok! Suami TikToker Ayu Sinjai Diduga Selingkuh dengan Wanita Ini

TikTok sendiri tidak memiliki fitur Auto Layout ini, namun aplikasi edit video milik induk TikTok, ByteDance, yaitu CapCut, memiliki fitur serupa yang disebut Auto Reframe.

2. Add Voice

Add Voice memungkinkan teks dalam video Shorts dibacakan oleh efek suara digital menggunakan teknologi text-to-speech (TTS), membuat video lebih jelas dan interaktif. Fitur ini mirip dengan Text to Speech di TikTok.

Baca juga: Geger Youtuber Mukbang Asal Korea Jadi Korban Kekerasan hingga Pemerasan dari Mantan Pacar

Namun, jenis suara yang bisa dipakai di YouTube Shorts terbatas hanya empat, sedangkan di TikTok lebih banyak.

3. Add Yours

Fitur Add Yours memungkinkan pengguna memunculkan tombol atau stiker "Add Yours" di konten mereka, sehingga pengguna lain bisa membuat konten yang berkaitan dengan video tersebut.

YouTube Shorts akan segera memiliki fitur serupa. Ketika konten Add Yours diunggah, pengguna bisa melihat berapa banyak pengguna Shorts lain yang membuat konten serupa atau mirip dengan konten asli yang diberi stiker Add Yours.

Baca juga: Cara Simpan Video YouTube ke Galeri Android dan iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

4. Minecraft Rush

Minecraft Rush adalah fitur yang hadir untuk merayakan ulang tahun ke-15 game Minecraft buatan Mojang. Game ini bisa dimainkan langsung di tampilan utama YouTube Shorts.

Pengguna memiliki misi untuk menghancurkan balok batu secepat mungkin untuk mendapatkan skor tertinggi, yang kemudian akan dikompetisikan dengan pengguna YouTube Shorts lainnya.

5, Stylized Captions

Stylized Captions memungkinkan pengguna mengedit gaya deskripsi caption atau subtitle video mereka dengan warna dan tipe teks yang bervariasi, sehingga teks dalam video Shorts menjadi lebih estetik dan sesuai dengan gaya video.

Baca juga: Begini Cara Edit Video TikTok, Instagram Reels, dan YouTube dengan Mudah Pakai Canva

6. Remix a Remix


Remix adalah fitur YouTube Shorts yang memungkinkan pengguna mengunggah ulang video Shorts seseorang dengan mengombinasikannya dengan konten serupa buatan mereka. Remix a Remix memungkinkan pengguna melakukan Remix terhadap video yang sudah di-Remix oleh pengguna lain, sehingga video asli bisa dibuat ulang berkali-kali oleh banyak pengguna, membuat video tersebut cepat populer di YouTube Shorts.

Berita Terkini