Presiden Joko Widodo Lantik 906 Perwira TNI-Polri dalam Upacara Praspa 2024

Selasa, 16 Juli 2024 15:10
906 Perwira TNI-Polri Ist

HELOINDONESIA.COM - Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, hari ini memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Tahun 2024 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Dalam upacara tersebut, Jokowi melantik 906 calon perwira remaja (capaja) sebagai perwira TNI-Polri.

Rinciannya yakni 417 capaja dari Akademi Militer (Akmil), 129 capaja sari Akademi TNI Angkatan Laut (AAL), 113 capaja dari Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) dan 247 capaja dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Baca juga: JAM PIDMIL dan TNI Kerja Sama Optimalkan Penanganan Perkara Koneksitas

Pelantikan kali ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 61 TNI Tahun 2024 dan Keppres Nomor 62 Polri 2024 Tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Militer dan Akademi Polisi menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI. Jokowi juga akan menyematkan tanda kepangkatan kepada empat orang perwakilan calon perwira dari alumni Akmil, AAL, AAU dan Akpol.

Perwakilan tersebut merupakan penerima penghargaan Adhi Makayasa atau alumni terbaik dari masing-masing akademi.

Adapun bertindak sebagai Komandan upacara Praspa TNI-Polri 2024 ini adalah Kolonel Penerbang Yoyon Kuscahyono yang merupakan Komandan Wing Taruna AAU.

Baca juga: 1 Orang Saksi Perkara Komoditi Emas Diperiksa Kejaksaan Agung 

Kemudian, bertindak sebagai perwira upacara yakni Brigadir Jenderal Heru Langlang Buana yang merupakan Direktur Pendidikan Akademi TNI.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri 2024 kali ini antara lain, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Coklit Capai Target 97,1 Persen, KPU Kota Tangsel: 19 Kelurahan Selesai 100 Persen

Hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. para Kepala Staf Angkatan, Gubernur Akmil Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., dan para tamu undangan lainnya.

Berita Terkini