Helo Indonesia

Gegara Kata Renovasi Menjadi Ramai, JIS akan DIganti Jadi Jokowi International Stadium?

Winoto Anung - Olahraga
Minggu, 2 Juli 2023 00:06
    Bagikan  
Stadion JIS
Ist

Stadion JIS - Stadion JIS di Jakarta Utara, dibangun era Gubernur DKI ANies Baswedan. (Foto: ist)

HELOINDONESIA.COM - Indonesia kebingungan soal stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 November mendatang. Pasalnya Stadion Utama GBK digunakan untukkonser Coldplay. Ada Stadion JIS, Jakarta International Stadium yang siap pakai, PSSI beralasan ada tiga kelemahan.

Lantas Menpora Ario Tedjo menghadap Presiden Jokowi. Hasilnya, Presiden Jokowi menginginkan Stadion JIS direnovasi agar memenuhi standar. Sayangnya tidak disebutkan standar apa. Dari situ timbul debat ramai. Pendukung Anies dan pihak Jakpro menyatakan, JIS sudah standar FIFA.

Nah, kini yang diributkan lagi istilah renovasi yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Kata yang disampaikan Jokowi itu, bagi pendukung pemerintah digunakan untuk mengolok-olok Anies Baswedan. Ada yang menyebut, sudah habis Rp4,5 triluin, ternyata tidak standar.

Tentu saja, pendukung Anies tidak terima. Maka bermunculan argumentasi, dan gentian untuk menyerang Jokowi yang notabene pihak yang mengeluarkan kata renovasi.

Baca juga: Tagar Twitter Down Trending di Twitter, Elon Musk Gak Komen Sama Sekali

Netizen David Usman (akun @dapitnih) mengatakan, istilah "RENOVASI" yakin akan jadi blunder besar Rezim dan Buzzer2nya. “Kawal terus apa saja yang mereka lakukan dengan istilah "RENOVASI" ini. Realisasi stadion JIS saja sudah menampar muka pendahulu Anies yang hanya bisa berjanji, sekarang beresiko menampar muka kedua kalinya,” ujarnya.

Netizen King Purwa (@BosPurwa) mengatakan, kata renovasi itu merupakan politisasi JIS, dia pun bertanya-tanya, maksudnya apa. “Mari kita liat narasi konyol politisasi RENOVASI JIS ini, sejauh dan sebesar apa usaha yang akan dilakukan dengan dan atas nama renovasi itu,” tulisnya,

“Jokowi Perintahkan JIS Direnovasi Sesuai Standar FIFA. Erick Thohir sebut, ada 4 pintu tapi yang terbuka cuma satu! Benarkah cuma 1 pintu yang bisa dibuka? Atau alasan renovasi  sebenarnya karena Jokowi Antitesa Pak Anies?,” tulis @AnKiiim_.

Netizen Yurisa_Samosir (@Yurissa_Samosir) mengatakan, apa lagi yang perlu direnovasi stadion sudah bagus kok. paling pintar kalo masalah anggaran.

Baca juga: Barcelona dan Real Madrid Bersaing untuk Mendapatkan Bintang Muda Arda Guler

“Padahal Sudah Jelas Kalau JIS itu Udah Standard FIFA dan Modernisasi stadion Penonton  Lebih Memaksimalkan Kendaraan umum Untuk Mengurangi Polusi,” tulisnua.

“JIS itu dirancang oleh Buro Happold, Konsultan Hebat dari INGGRIS. Pengalaman Merancang Stadion Modern, seperti Tottenham Hotspurs, Stadium di LONDON, Jelas JIS Standar FIFA Kelas dunia. Lalu yang mau direnovasi apanya. Direnovasi Terus JIS diklaim karya Jokowi ya om?”tulis (@ArdhaniFariz)

Stadion JIS siap di pergunakan untuk gelaran piala Dunia U-17 tetapi harus di renovasi sesuai standar kata Jokowi. Bilang aja malu ingin mengakui karya  Anis Baswedan, Jadi menggunakan alasan-alasan yang tidak masuk akal, memangnya yang punya aturan FIFA apa PSSI?? Akal bulus otak bulus,” tulis @YudiSet16452924.

Pendukung Jokowi

Dari kubu pendukung Jokowi, muncul olok-olok soal JIS, dan menurut saja apa kata yang disebutkan Presiden itu.

Baca juga: Tokoh Kemerdekaan Timor Leste Xanana Gusmao Kembali Berkuasa, Dilantik Jadi Perdana Menteri

“Udah uang PEN dipake untuk gagah=gagahanan bikin stadion megah. Eh si stadion harus direnovasi dulu bahkan sebelum pernah dipakai sekalipun untuk pertandingan kompetitif. Jadi inget quote Pak Franklin, "if you fail to plan, you plan to fail",” tulis Dedek Prayudi – Uki (@Uki23)

Hal senada disampaikan Dede Budhyarto (@kangdede78). “Buat pendukung mantan Gubernur TERBURUK sepanjang sejarah DKI, Capres Anies Baswedan yang saat ini sedang meraung-raung gegara benda mati bernama stadion JIS akan di renovasi ulang,” tulisnya.

“Mahoni hilang, tugu bambu hilang, tugu sepatu hilang, tugu sepeda percuma, trotoar di bongkar, sumur resapan tenggelam, mobil pemadam kelebihan, nama jln di ganti, rumah sakit di rubah, di undang raja arab hoaks, Jis di Renovasi tidak standar FIFA, nyagub ngutang, Apalagi?” kata @adri_17.

Diganti Jokowi International Stadium?

Kembali kelompok pendukung Anies mengatakan JIS sudah berstandar FIFA, kenapa ada renovasi. “JIS sudah sangat berstandar FIFA. Kenapa pak mukidi perintah di renovasi lagi? Karena ingin menghilangkan "Jejak Anies" di sana. Pokoknya nanti kalau di puji-puji sama orang luar, harus pak mukidi yg dapat pujian,” ujar @lil00555.

Baca juga: Yenny Wahid Unggah Foto Selfie dengan AHY, Katanya Kode Nih Posisi Cawapres Buat Mbak Yenny

“Jokowi targetkan Satdion PERSIJA selesai 2015, tTernyata mimpi. Sekarang JIS stadion super megah Standar FIFA kelas dunia maun direnovasi. Emang apanya yang mau direnovasi? Mungkin namanya yang mau direnovasi diganti Jokowi International Stadium,” tulis @ArdhaniFariz

“Sangat lucu Jokowi mau merenovasi Stadion JIS apalagi dgn maksud agar sesuai standar. Standar apa lagi? Standar Jokowi ? Kan Standar FIFA sudah dikantongi JIS. Kalau Standar FIFA mau dirubah maka yang ada JIS berubah jadi JIN. Oh ya...Pak De ngerti apa itu arti renovasi?” tulis @RomitsuT. (*)

(Winoto Anung)