Helo Indonesia

Minggu dan Senin Jadi Puncak Arus Balik Kedua, Lebaran Kupat di Jawa-Madura Usai

Winoto Anung - Nasional
Sabtu, 29 April 2023 14:00
    Bagikan  
Gerbang Tol Cikampek Utama, diprediksi pada Minggu dan Senin akan padat kendaraan karena puncak arus
Gerbang Tol Cikampek Utama, diprediksi pada Minggu

Gerbang Tol Cikampek Utama, diprediksi pada Minggu dan Senin akan padat kendaraan karena puncak arus - Gerbang Tol Cikampek Utama, diprediksi pada Minggu dan Senin akan padat kendaraan karena puncak arus balik kedua.

HELOINDONESIA.COM - Pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023) yang diprediksi menjadi puncak arus balik kedua. Masyarakat diimbau untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Minggu dan Senin itu.

Diprediksi masih 50 persen kendaraan masih belum Kembali ke Jakarta. Masih banyaknya kendaraan belum balik ke Jakarta, salah satunya karena ada Lebaran Kupat di Jawa dan Madura telah usai.

Sehingga pada Minggu dan Senin diprediksi akan menjadi puncak arus balik kedua karena salah satunya Lebaran Kupat sudah usai hingga menjadi waktu untuk arus balik ke Jakarta. 

Untuk itu, hingga hari ini Sabtu 29 April, Jasa Marga masih memberikan diskon 20 persen untum dimanfaatkan pengendara arus balik guna menghindari kemacetan yang diprediksi ada Pundak arus balik kedua paaa 30 Apri besok dan 1 Mei, atau Minggu dan Senin.

“Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemarin.

Untuk memastikan penanganan arus balik berjalan dengan lancar, Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, melakukan rapat koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

Juga melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.

Tentang masih banyaknya kendaraan yang berada di Jawa dan Madura, di antaranya karena ada yang masih liburan dan juga adanya tradisi Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura.

“Kita sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan,” ujar Menhub.

Selain Lebaran Kupat, Menhub mengungkapkan, adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini, akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Menhub berharap, penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik. “Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insyaallah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud,” ucap Menhub.

Kakorlantas Polri mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. “Dengan lalu lintas yang cukup lancar menuju Jakarta, agar jangan terlalu buru-buru ingin sampai dan perhatikan batas kecepatan kendaraan,” katanya.

Ia mengungkapkan, rekayasa lalu lintas seperti contra flow, one way, serta rekayasa lainnya masih akan terus dilakukan sampai akhir pekan, dengan tetap melihat situasi dan kondisi lapangan (situasional).

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan saldo kartu elektronik pembayaran tol masih mencukupi, sehingga tidak menimbulkan antrean karena harus mengisi saldo di gerbang tol. (*)

(A Winoto)