9 Cara Sederhana Mengatasi Bad Mood Dengan Cepat

Selasa, 11 Juli 2023 11:51
(ist) Foto : Tangkapan Layar

HELOINDONESIA.COM - Berbagai hal dapat menyebabkan suasana hati menjadi buruk. Baik masalah pekerjaan, rumah tangga atau kurang tidur dapat merubah mood Anda.

Suasana hati yang buruk jangan disepelekan karena perasaan stres dapat berpengaruh buruk pada tubuh. Stres tidak hanya akan mengalami penurunan produktivitas, namun juga akan menurunkan gairah seks. Efek yang umumnya terjadi yakni sering sakit kepala, susah tidur

Namun ketika Anda tengah mengalami suasana hati yang buruk, dapat diatasi untuk menciptakan suasana hati kembali normal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 cara yang sangat mudah untuk membuat diri Anda keluar dari suasana hati yang buruk, dan mendapatkan kembali kekuatan Anda yang sebenarnya.

Baca juga: Erick Thohir Disebut Patut Penjarakan Anies Terkait Pembangunan Stadion JIS

1. Bersyukur

Anda harus memperbaiki cara berpikir dan memandang hidup ketika masalah menimpa. Memikirkan hal-hal positif diantaranya mensyukuri apa yang masih anda miliki saat ini bisa menjadi salah satu jalan untuk keluar dari suasana hati buruk.

2. Senyum

Tersenyum atau ceria baik palsu atau nyata dapat memicu otak Anda melepaskan endorfin, zat alami yang meredakan stres dan membuat Anda merasa nyaman. 

Cara lain yang lebih baik yaitu menonton acara komedi yang bisa memancing Anda tertawa. Karena tertawa ternyata mampu membantu melepaskan emosi yang tertahan.

Baca juga: Ini Lampung Bung, No Viral No Action, Revolusi Maya

3. Jalan-jalan

Healing atau jalan-jalan merupakan salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan sehingga merubah suasana hati menjadi lebih baik. Mengubah lingkungan dan menghirup udara segar, dapat meredakan stres Anda. Meluangkan waktu untuk berlibur dengan menghabiskan waktu di luar ruangan dan berada di alam, lebih baik lagi untuk suasana hati. Cara ini dapat dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah

4. Gerakkan tubuhmu

Ada banyak cara untuk menggerakkan tubuh. Dari mulai jalan santai hingga olahraga. Anda bisa memulai latihan seperti bersepeda atau lari pagi. Ini akan membantu Anda merasa baik dan mengurangi stres, membuat Anda merasa jauh lebih bahagia.

5. Luangkan waktu beberapa hal yang menyenangkan 

Luangkan waktu sejenak untuk menghargai apa yang terjadi di sekitar Anda. Pilih beberapa H yang menyenangkan hati Anda seperti melihat ikan di aquarium, mendengarkan musik, merapikan buku, atau kopi Anda di pagi hari. Di saat melakukan aktivitas tersebut lupakan sejenak masalah yang tengah melanda. Lihat lingkungan sekitar Anda dan nikmati keindahannya. 

Baca juga: Tidak Menunggu Lama Dinas PUPR Tubaba Langsung Perbaiki Jalan Rusak

6. Dengarkan lagu favorit Anda

Musik, salah satu cara sebagai pemicu emosional. Dengarkan musik favorit Anda dapat membantu menjernihkan pikiran. Hal itu juga memungkinkan Anda menempatkan masalah dalam perspektif berbeda. 

7. Perhatikan bagaimana Anda bernapas

Lebih memperhatyikan pernapasan Anda, akan berguna Ketika Anda merasa situasi sedang memanas dan Anda membutuhkan perbaikan cepat. ingatlah untuk bernapas dengan benar. 

Cara ini bermanfaat untuk langsung menurunkan stres dan meningkatkan relaksasi. Mulailah dengan bernapas secara normal dan secara bertahap perpanjang pernafasan Anda untuk mengaktifkan respons “santai” tubuh Anda.

8. Visualisasikan tempat bahagia Anda

Anda bisa membawa imajuinasi menjadi memperburuk suasana hati atau memperbaikinya. Jika memikirkan tempat atau gambar serta momen yang menggembirakan dalam hidup Anda, dapat membanru menenangkan Anda. 

Baca juga: Jadi Sarang Kriminalitas, Pasar Tanah Abang Blok G Ditutup Dulu Untuk Direvitalisasi

Misalnya dengan memikirkan suasana pegunungan, alam yang indah atau pantau dengan pemandangan yang menarik akan merubah perasaan Anda.

9. Luangkan waktu 5 menit untuk tidak melakukan apa-apa

Luangkan diri Anda untuk tidak melakukan apa pun selama 5 menit, lalu fokuskan mata Anda pada satu hal, kembalikan ke titik fokus. Ini mmperlambat otak Anda untuk apa yang akan terjadi selanjutnya.


Berita Terkini