Helo Indonesia

Konsumsi Buah yang Baik Sebelum atau Sesudah Makan?

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 14 Juli 2024 20:05
    Bagikan  
Buah
pinterest

Buah -

HELOINDONESIA.COM - Buah adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Kandungan serat ini dapat menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Beberapa buah seperti anggur, apel, dan blueberry terbukti mampu menurunkan risiko penyakit diabetes. Buah jeruk juga dapat memberikan manfaat mengurangi risiko penyakit batu ginjal.

Selain itu, buah-buahan merupakan sumber vitamin, air, dan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Bisa dilihat kan, betapa besar manfaat buah-buahan bagi kesehatan. Dengan beragam manfaat kesehatan yang ditawarkan, mengonsumsi buah-buahan secara teratur dapat menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat. Namun, selalu jadi pertanyaan makan buah yang baik sebelum atau sesudah makan besar?

Manfaat Makan Buah Sebelum Makan Besar

Buah-buahan mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi buah sebelum makan besar dapat membantumu merasa kenyang lebih cepat dan membantu mencegah sembelit serta masalah pencernaan lainnya.

Selain itu, konsumsi buah sebelum makan besar dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah, terutama jika dikonsumsi bersama dengan makanan tinggi protein, serat, atau lemak. Ini dapat memberikan manfaat bagi penyandang diabetes.

Konsumsi buah sebelum makan besar juga dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebihan dan membantu dalam proses penurunan berat badan. Kandungan serat dalam buah dapat membantu perut merasa kenyang lebih cepat, sehingga menekan nafsu makan berlebihan.

Di samping itu, mengonsumsi buah sebelum makan besar juga dapat membantu menghindari pilihan pencuci mulut lain yang mengandung lemak jenuh, gula tambahan, dan kalori yang lebih tinggi. Hal ini dapat membantu menjaga asupan kalori dan gula tambahan yang tidak sehat.

Makan Buah Setelah Makan Besar Tidak Disarankan

Makan buah setelah makan besar tidak disarankan karena buah tidak akan diproses dengan baik oleh tubuh, sehingga nutrisinya tidak dapat diserap secara optimal. Buah yang dimakan setelah makan besar akan tercampur bersama makanan lain di sistem pencernaan dan menghambat proses penyerapannya oleh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan Sahabat Helo terkena gangguan pencernaan, serta mengubah nilai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Idealnya, konsumsi buah sebaiknya dilakukan 1 jam sebelum makan besar, atau 2 jam setelah makan besar jika seseorang memiliki diabetes atau masalah sistem pencernaan. Dengan begitu, waktu terbaik untuk makan buah diyakini paling tepat saat perut dalam keadaan kosong, atau sebelum kamu makan besar seperti makan siang dan makan malam. Konsumsi buah saat perut kosong diyakini dapat memberikan hasil terbaik bagi tubuh karena buah akan lebih cepat diserap dengan bantuan enzim khusus.