Helo Indonesia

Manfaat Pilates Untuk Postur Tubuh Perempuan, Olahraga yang Lagi Viral di Tiktok

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 27 Juni 2024 10:24
    Bagikan  
Olahraga Pilates.
Freepik

Olahraga Pilates. -

HELOINDONESIA.COM - Pilates jadi olahraga viral di TikTok yang dilakukan oleh banyak perempuan. Salah satunya berdasarkan video viral di TikTok dari akun @lilscott_x yang melakukan pilates.

"Dikarenakan gapernah olahraga lagi jadi mencoba pilates ternyata seru???????? yang nanya tempatnya ini yaaa," tulis @lilscott_x melalui videonya yang viral di TikTok.

Pilates adalah salah satu jenis latihan fisik dengan intensitas ringan yang berfokus pada rehabilitasi dan peningkatan kekuatan tubuh. Latihan ini dipopulerkan oleh Joseph Pilates, seorang atlet veteran Jerman pada awal abad ke-20.

Mulanya, pilates adalah latihan yang digunakan untuk memulihkan cedera bagi para penari. Namun, seiring berjalannya waktu, gerakan pilates semakin populer dan banyak diterapkan oleh orang-orang yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh.

1. Memperbaiki bentuk dan postur tubuh

Rutin melakukan pilates dapat memperbaiki bentuk dan postur tubuh. Hal ini karena pilates melatih otot inti tubuh, seperti otot punggung bawah, otot pinggul, dan otot perut, agar dapat bekerja secara harmonis.

Pilates juga mampu menyeimbangkan koordinasi tubuh, sehingga postur tubuh dapat terjaga dengan baik saat Anda duduk atau berdiri.

2. Membuat tubuh menjadi lebih tegap

Jika Anda lebih banyak duduk ketika bekerja, olahraga pilates sangat dianjurkan untuk dilakukan. Terkadang, badan cenderung membungkuk ketika duduk. Dengan melakukan pilates, otot-otot inti tubuh menjadi lebih lentur dan lebih kuat. Hal ini penting untuk membantu postur tubuh menjadi lebih tegap.

3. Membuat otot tubuh lebih kencang

Otot punggung, otot perut, dan otot dasar panggul berperan dalam hampir setiap gerakan tubuh. Pilates dapat mengencangkan dan meningkatkan kekuatan otot-otot tersebut, sehingga tubuh Anda akan lebih stabil dan kokoh.

4. Menjaga berat badan ideal

Olahraga apa pun, termasuk pilates, dapat membakar kalori. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya latihan pilates disertai dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan olahraga aerobik, seperti berenang atau berjalan kaki.

5. Meringankan nyeri punggung atau otot

Pilates juga bisa menjadi salah satu terapi untuk penderita nyeri punggung bawah kronis. Olahraga ini dapat memperkuat dan meningkatkan kelenturan otot, sehingga mempercepat pemulihan dan meringankan nyeri punggung.

Namun, jika selama ini Anda menderita nyeri punggung kronis, sebaiknya latihan pilates dilakukan dengan pengawasan tenaga ahli setelah mendapatkan evaluasi dari dokter.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda disarankan melakukan pilates minimal 2–3 kali seminggu. Perubahan postur tubuh yang membaik akan Anda rasakan setelah melakukan 10–20 sesi latihan.

Akan tetapi, jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu dan ingin rutin berlatih pilates, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Langkah ini penting dilakukan untuk mencegah cedera atau justru memperparah kondisi yang diderita.