Helo Indonesia

Campuran Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Obati Radang Tenggorokan? Begini Kata Dokter

Selasa, 21 Mei 2024 12:26
    Bagikan  
Sakit
Pinterest

Sakit - Radang Tenggorokan,Obat Tradisional Jeruk Nipis dan Madu

HELOINDONESIA.COM - Radang Tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang hampir pernah dirasakan oleh semua kalangan, apalagi mereka yang suka memakan makanan pedas minuman-minuman bersoda dan merokok.

Pasti akan sering merasakan penyakit ini jika tidak mengurangi kegiatan-kegiatan terserbut.

Biasanya kondisi tersebut hadir disertai dengan gejala sakit menelan, batuk paling parah dan paling mengganggu adalah demam-sakit kepala.

Salah satu racikan obat alami yang disarankan untuk dikonsumsi ketika sakit tenggorokan yaitu campuran air jeruk nipis dan kecap manis. 

Banyak orang percaya ramuan tersebut ampuh mengobati radang tenggorokan.

Lantas benarkah racikan jeruk nipis dan kecap secara medis ampuh untuk mengobati radang tenggorokan?

Menurut, dokter sekaligus Content Creator Kesehatan, dr. Adrian Setiaji yang dilansir dari okezone.com menjelaskan bahwa kandungan jeruk nipisnya memang bisa mengobati sakit tenggorokan, namun tidak dengan kecap manis.

“Jawabannya ada dua ya. Pertama jeruk nipisnya bener ngefek, tapi yang kedua kecap manisnya itu gak ngefek,” kata dr. Adrian, dikutip dari akun Instagram @doktermedok, Selasa (21/5/2024).

Dokter Adrian menyebut kalau jeruk nipis memang bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan. Sebab kandungan dari jeruk nipis bisa memberikan efek anti inflamasi, anti bakteri, serta mampu menangkal radikal bebas.

Akan tetapi, kecap manis dalam racikan tersebut tidak memiliki manfaat bagi kesehatan. Hanya saja kecap manis berperan untuk menetralisir rasa asam dari jeruk nipis.

Meski begitu, dr. Adrian menyarankan bagi orang-orang yang tahan asam sebaiknya langsung mengkonsumsi jeruk nipis tanpa tambahan penetralisir. Selain kecap manis, dr. Adrian lebih menyarankan penggunaan madu untuk mengganti kecap.

Sebab kandungan madu memiliki manfaat anti inflamasi dan anti mikrobial yang bisa membantu meredakan nyeri akibat radang tenggorokan.