Helo Indonesia

Prihatin! Laga Arema Rata-rata Hanya Ditonton 164 Orang, Pada Hal Singo Edan Butuh Motivasi Dari Suporternya

Rabu, 1 November 2023 19:00
    Bagikan  
MENGENANG AREMANIA
istimewa

MENGENANG AREMANIA - Suporter dibelahan dunia saat mengenang tragedi peristiwa di Stadion Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu

HELOINDONESIA.COM - Hingga pekan ke-18 puran kedua Liga 1 2023/2024 skuad Singo Endan mungkin menjadi tim yang paling kesepian dalam hal evoria suporternya di dalam lapangan.

Pasca tragedi Kanjuraan 1 Oktober 2022 lalu praktis Arema FC tidak memiliki kandang permanen di wilayahnya sendiri di Malang Raya.

Sementara Stadion Gajayana yang sebelumnya menjadi kandang Singo Edan setelah sekian tahun tak digunakan kondisinya tidak lagi bisa dimanfaatkan.

Skuad Arema FC kemudian menjadikan Stadion I Wayan DIpta Gianyar, Bali menjadi pilihan yang dianggap paling ideal untuk kandang Singo Edan.

Baca juga: Putaran Kedua Arema ingin Bangkit, Butuh Proses! Fernando akan Manfaatkan Bursa Transfer

Namun dalam berjalannya waktu ternyata kandang Singo Edan di Gianyar Bali oleh pelatih Fernando Valente dianggap kurang ideal, waktu latihan menjelang laga skuad Arema FC habis di perjalanan.

Bahkan yang paling menyedihkan lagi laga Arema FC selama ini tak lagi memiliki penonton, berbanding terbalik saat laga di kandang Kanjuruhan.

Fernando sebagai pelatih skuad Singo Edan tiba-tiba merindukan kehadiran Aremania dalam laga kandang di Liga 1 2023/2024.

Baca juga: Pelatih Fernando Valente Minta Aremania Memberikan Dukungan Optimis, Jangan Jadi Orang Bermental Pesimis

Fernando menyebut kehadiran suporter dalam sebuang pertandingan sepakbola menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi performa pemain.

Namun tidak demikian dengan Arema FC selama Liga 1 2023/2024 digelar tak pernah sekalipun merasakan evoria aremania saat berada di stadion Kanjuruhan maupun saat di Stadion Gajayana yang menggelora.

Sebuah fakta miris terungkap seperti dilansir wearemania.net, Rabu (1/11/2023) jika rata-rata dalam sebuah pertandingan Arema selama ini hanya dihadiri sebanyak 164 penonton.

Baca juga: Target Keluar Dari Zona Degradasi Sebelum Putaran Kedua Berat Tercapai, Jurus Apalagi yang Akan Diberikan Pelatih Arema

Hal ini bisa dilihat dari penjualan tiket laga kandang Arema selama putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023, tiket yang terjual hanya 1482 lembar.

Sementara pelatih Fernando mengungkapkan jika kehadiran Aremania sangat dibutuhkan oleh para penggawa Arema FC, yang bisa memberikan motifasi kepada para pemain.

Motivasi dilapangan oleh para suporter juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting, apalagi saat ini skuad Singo Edan tengah diliputi kecemasan.

Baca juga: Sampai Kapan Skuad Singo Edan Bermain Tanpa Dukungan Penuh Suporter Aremania

Arema saat ini tengah berupaya untuk bangkit dari kemelut zona degradasi klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Fernando mengatakan Arema memang tidak seperti klub yang lain yang banyak ditonton oleh pendukungnya, dan berbeda dengan skuad Singo Edan.

"Saya kita bermain melawan Persebaya maupun dengan PSM Makassar, suporter memberikan dukungan penuh luar biasa, jujur seperti itu membuat saya senang," kata Fernando berangan-angan.

Baca juga: Jika Menang Melawan PSM Makassar, Selangkah Lagi Arema FC Lolos Dari Zona Degradi

Namun itu semua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi performa pemain Arema di musim ini.

Meski demikian ketidak hadiran Aremania di stadion tetap masih ada banyak faktor lain yang berperan dalam kemenangan Arema.

Posisi Arema yang saat ini berada di peringkat ke-16 dengan 14 poin tetap harus dipahami oleh kita semua khususnya Aremania saat ini.

Baca juga: Fernando Valente Beberkan Mentalitas Pemain Muda Arema FC, Sikap ini Seharusnya Mereka Lakukan Demi Karier Mereka

Menurut Fernando kita semua harus pahami masalah apa saja yang dihadapi Arema sekarang ini.

"Setiap pekan kami ada perjalanan, itu kadang membuat kita tidak punya kondisi terbaik untuk berlatih. Apalagi kita punya banyak pemain muda di tim," pungkas Fernando. **