Helo Indonesia

Dari Kulit Bercahaya Hingga Penambah Energi, Berikut 7 Manfaat Ginseng Korea Bagi Tubuh Anda

Syahroni - Ragam
Rabu, 12 Juli 2023 05:00
    Bagikan  
Panax ginseng atau ginseng korea
pixabay/ whaltns17

Panax ginseng atau ginseng korea - Ragam manfaat ginseng bagi kesehatan manusia.

HELOINDONESIA.COM - Ginseng, khususnya panax ginseng, alias ginseng merah, Asia, atau ginseng Korea adalah ramuan penting dan umum digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kata Grant Chu, M.D., M.S., asisten profesor klinis di Fakultas Kedokteran David Geffen di UCLA dan direktur asosiasi pendidikan di Center for East-West Medicine.

Sifat penyembuhan ginseng.

Panax ginseng, yang diterjemahkan menjadi ginseng "penyembuhan", mengandung senyawa fitonutrien yang disebut ginsenosides yang meningkatkan energi, jelas Keri Gans, RDN, ahli diet dan penulis The Small Change Diet. Ginsenosides juga dapat membantu menjaga keseimbangan sistem saraf pusat Anda dan mencegah rasa lelah, kata Gans.

"Secara tradisional, [ginseng] digunakan untuk mengencangkan chi, atau energi vital," jelas Chu. Itu bisa berlaku untuk chi secara umum, atau chi spesifik yang berhubungan dengan pencernaan, pernapasan, atau pikiran Anda.

Baca juga: 10 Manfaat Menakjubkan Akar Teratai untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Karena chi adalah konsep metafisika tradisional, itu bukanlah sesuatu yang dapat diukur dengan sains modern, kata Chu. “Secara tradisional, kesehatan ditentukan oleh keadaan banyak faktor yang dikenal sebagai zat vital,. Di antaranya termasuk chi, di mana chi yang memadai dan chi yang bergerak dengan tepat penting untuk fungsi tubuh dan kesehatan." jelasnya. dilansir dari mbghealth.

Ketika berbicara tentang ginseng, kata Chu, tanaman memainkan peran terutama dalam mempromosikan chi yang memadai untuk fungsi yang optimal. Ini dapat bermanifestasi dalam beberapa cara dan bermanfaat bagi banyak sistem di seluruh tubuh.

Manfaat ginseng.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari ginseng dan semua yang perlu Anda ketahui tentangnya:

Baca juga: Bahan Rahasia untuk Gaya Hidup Sehat, Berikut Manfaat Beras Hitam untuk Tubuh Anda

1. Meningkatkan energi

Ginseng telah terbukti meningkatkan energi: Misalnya, dalam meta-analisis tahun 2016 yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Korea, para peneliti menemukan bahwa suplemen ginseng efektif dalam meningkatkan energi dan perasaan motivasi.

Chu menjelaskan bahwa efek energi ini mungkin sebagian disebabkan oleh aksi antioksidan tumbuhan, karena komponen ginseng (misalnya, polisakarida dan oligopeptida) ditemukan dapat menurunkan stres oksidatif dan mendukung produksi energi sel yang lebih tinggi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ada beberapa cara ginseng dapat membantu fungsi kekebalan Anda. "Ginseng dapat merangsang berbagai sel kekebalan, seperti sel pembunuh alami, makrofag, dan limfosit," kata Chu.

Tinjauan tahun 2012 dari Journal of Ginseng Research menjelaskan bahwa selain mengatur sel kekebalan, ginseng juga membantu menjaga homeostasis (keseimbangan) di seluruh sistem kekebalan. Tumbuhan unik ini juga menunjukkan tindakan anti-inflamasi untuk menjaga kesehatan kekebalan tubuh dalam kondisi prima.

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Redakan Migran, Berikut 10 Manfaat Teh Peppermint untuk Tubuh Anda

3. Mendukung kesehatan seksual

Ginseng telah dikaitkan dengan fungsi seksual yang sehat pada pria. "Ginseng tampaknya meningkatkan fungsi seksual pada pria dan dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita pascamenopause," kata Chu, seraya menambahkan bahwa ada bukti yang menunjukkan bahwa ginseng juga dapat meningkatkan jumlah sperma.

Sebuah studi di Journal of Sexual Medicine tahun 2010 tentang wanita menopause memiliki peserta yang mengonsumsi tiga kapsul ginseng 1 gram atau plasebo setiap hari. Para peneliti mencatat bahwa ginseng secara signifikan meningkatkan gairah seksual wanita. Ilmuan menyimpulkan, "ekstrak ginseng merah dapat digunakan sebagai obat alternatif pada wanita menopause untuk meningkatkan kehidupan seksual mereka."

Sebuah studi tahun 2013 dari Spermatogenesis juga menemukan bahwa tikus jantan yang diberi 5% Panax ginseng dalam diet mereka selama 60 hari telah "meningkatkan kadar testosteron darah secara signifikan," menunjukkan peningkatan jalur hormon yang mendasari yang terlibat dalam dorongan seks.

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Redakan Migran, Berikut 10 Manfaat Teh Peppermint untuk Tubuh Anda

4. Menunjang kesehatan kulit

Zat aktif yang ditemukan dalam jahe, ginsenosides, dipercaya bekerja melalui sistem saraf pusat dan memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, kata Chu. “Berbagai alasan dapat menjelaskan efek ginseng pada kulit, termasuk efeknya pada fibroblas dan kolagen pada kulit, serta efek anti inflamasinya,” tambahnya.

Memang, penelitian dari ulasan tahun 2022 di Journal of Cosmetic Dermatology setuju, menyatakan bahwa ginseng membantu mengatur kadar kolagen untuk meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

5. Mendukung kadar gula darah yang sehat

Ginseng bahkan dapat membantu mengatur kadar dan keseimbangan gula darah, tetapi Chu mencatat bahwa datanya beragam dan masih muncul.

"Ini mungkin terkait dengan perbedaan di dalam ginseng itu sendiri dan rasionya terhadap berbagai jenis ginsenosida," jelasnya. "Rasio variabel ginsenosides ini dapat memengaruhi efek ginseng dan kemampuannya untuk mengurangi gula darah postprandial, yaitu gula darah setelah makan, yang mengakibatkan penurunan atau peningkatan gula darah."

Baca juga: 11 Manfaat Terbaik Jus Apel yang Mungkin Anda Belum Ketahui

6. Mempromosikan dukungan suasana hati secara keseluruhan

"Banyak manfaat kinerja mental berkaitan dengan gula darah," jelas Jessica Cording, M.S., R.D., CDN, ahli diet, pelatih kesehatan, dan penulis The Little Book of Game-Changers. "Ginseng dapat membantu mengontrol gula darah dan, ketika gula darah Anda tidak naik dan turun, itu lebih bermanfaat untuk fokus dan energi Anda."

Akibatnya, katanya, ginseng dapat membantu mengurangi kabut otak sesekali. Ginsenosides juga dianggap membantu memodulasi efek hormon stres kortisol pada tubuh, yang dapat berdampak keseluruhan pada manajemen stres dan juga kesehatan mental.

7. Berfungsi sebagai aktoprotektor

Actoprotector: Sekeren kata yang terdengar adalah manfaat yang menyertainya. Sebagai actoprotector, ginseng mendukung kapasitas mental, beban kerja dan kinerja fisik, kelelahan mental, dan kewaspadaan mental8, demikian ulasan tahun 2013 dari Journal of Ginseng Research.

"Ginseng adalah salah satu dari banyak tumbuhan yang memiliki adaptogen alami, yang juga disebut sebagai aktoprotektor," kata Chu. 

Baca juga: Cek Fakta: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan yang Terkandung pada Lada Hitam Menurut Penelitian

"Diyakini bahwa adaptogen tumbuhan dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi, fungsi kognitif, dan perlindungan sistem kekebalan tubuh." Namun, kata Chu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengungkap sepenuhnya peran persis ginseng sebagai adaptogen.

Potensi efek samping ginseng

Sementara potensi manfaat ginseng adalah kemampuannya mempengaruhi gula darah, hal itu juga bisa menjadi pertimbangan bagi sebagian orang. Naoki Umeda, M.D., seorang praktisi pengobatan integratif di Cleveland Clinic's Center for Integrative & Lifestyle Medicine, menjelaskan bahwa mereka yang memiliki masalah kadar gula darah harus memantau kadar glukosa mereka secara ketat saat mengonsumsi ginseng.

Umeda juga secara pribadi memperingatkan untuk tidak mengonsumsi ginseng jika Anda sedang mencoba untuk hamil, sedang hamil, atau sedang menyusui. Secara umum, sebaiknya konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mengonsumsi ginseng atau rejimen suplemen baru apa pun.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Biji untuk Atasi Bau Mulut dan Cara Membuatnya

"Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mulai mengonsumsi ginseng, terlepas dari status kesehatan Anda," kata Umeda.

Kesimpulan

Ginseng adalah tanaman unik dan bioaktif dengan banyak manfaat, mulai dari membantu menyeimbangkan kadar gula darah hingga mendukung sistem kekebalan Anda. Ginseng juga secara umum dapat ditoleransi dengan baik dan telah digunakan selama ribuan tahun.