Helo Indonesia

Usulan Komisi XI DPR RI Tambah PMN PT Pelni Rp1,5 Triliun, Menkeu setuju

M Ridwan - Nasional
Kamis, 4 Juli 2024 05:47
    Bagikan  
Disetujui,
Ist

Disetujui, - Sri Mulyani Setuju.

HELOINDONESIA.COM - Rapat Kemenkeu dan Komisi XI DPR RI,Sri Mulyani meminta ajuan Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk PT Pelni 500 Milyar, Justru Komisi XI DPR. RI menambahkan PMN dana sebesar 1,5 Triliun, Rabu (3/7/2024).

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie O.F.P menjelaskan bahwa PMN Rp1,5 triliun tersebut akan dimanfaatkan untuk uang muka pengadaan tiga unit kapal baru yang telah melewati batas usia pemakaian.

Sri Mulyani kemudian memberikan usul agar penambahan kapal tersebut dilakukan usai peninjauan atas kapasitas dari perusahaan dan keberlanjutannya. Namun, ia mengaku memahami kebutuhan atas kapal baru tersebut memang besar.

Baca juga: Masyarakat Apresiasi Kinerja Pemkot Tangsel Bangun 2 Gedung Baru Sekolah di Ciputat

“Saya minta berikan penambahan dengan melakukan review kapasitas dari perusahannya juga dan sustanabilitas.

Tapi saya pahami concern Komisi XI kalau Pelni membutuhkan (penggantian) kapal-kapal yang sudah melewati batas usia operasi,” tutur Sri Mulyani dalam rapat itu.

Pemerintah Ajukan PMN Rp6 T, Ada Porsi Tambahan untuk HK Dengan tanggapan tersebut, akhirnya Komisi XI DPR RI memutuskan akan meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk melakukan audit kinerja PT Pelni.

Baca juga: Joint Working Group RI-Prancis ke-13: Perkuat Kerja Sama bidang Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Inovasi

Catatan lain adalah memberikan catatan agar PT Pelni melakukan pengadaan tiga unit kapal baru dengan memperhatikan kapasitas dan tata kelola perusahaan.

Adapun, berdasarkan laporan keputusan Komisi XI, disebutkan bahwa PMN tersebut berasal dari alokasi cadangan investasi 2024 dalam rangka penugasan pemerintah dalam pengoperasian kapal penumpang.

Baca juga: KKHI Menyapa Jamaah: Poli Risti Berat untuk Deteksi Dini Kegawatdaruratan