Helo Indonesia

Bahan Rahasia untuk Gaya Hidup Sehat, Berikut Manfaat Beras Hitam untuk Tubuh Anda

Syahroni - Ragam
Selasa, 11 Juli 2023 21:10
    Bagikan  
Beras hitam
pixabay/ cepris

Beras hitam - Ragam manfaat beras hitam untuk gaya hidup sehat Anda.

HELOINDONESIA.COM - Beras hitam adalah harta karun yang penuh dengan segudang manfaat kesehatan, menjadikannya pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin menggabungkan pola makan bergizi namun lezat ke dalam gaya hidup mereka. Kaya akan antioksidan kuat seperti anthocyanin yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Beras hitam Ini juga merupakan sumber serat makanan yang memfasilitasi pencernaan yang baik, mempercepat metabolisme, dan membantu proses penurunan berat badan. Mengandung mineral penting seperti magnesium dan zat besi, mengatur sirkulasi darah dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Dibandingkan dengan nasi putih, makanan super ini memiliki indeks glikemik lebih rendah yang mencegah terjadinya lonjakan atau penurunan gula. Ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang stabil yang menjadikannya alternatif yang lebih sehat bagi individu yang menderita diabetes.

Beras hitam memiliki kandungan kalori yang rendah, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang secara aktif berusaha menurunkan atau mempertahankan berat badannya. Dengan kandungan serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji-bijian lainnya, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah kemungkinan makan berlebihan (5). Sifat bebas glutennya juga membuatnya sesuai untuk individu yang menderita alergi gluten atau penyakit celiac.

Baca juga: Jauh Berbeda dengan Susu Sapi, Berikut 13 Efek Samping Susu Almond Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan:

Beras hitam memiliki beragam manfaat kesehatan, beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini:

1. Dikemas dengan antioksidan:

Dibandingkan dengan semua varietas beras lain yang tersedia di pasaran, beras hitam mengandung antioksidan dalam jumlah tertinggi. Ini mengurangi risiko penyakit kronis seperti beberapa jenis kanker dan Alzheimer. Kehadiran anthocyanin membantu dalam memerangi stres oksidatif tubuh.

2. Berlimpah asam amino:

Ada 18 jenis asam amino yang ada dalam beras hitam yang sangat penting untuk menjaga tingkat energi tubuh. Mereka juga membantu dalam perbaikan, fungsi, dan regenerasi sel yang rusak.

3. Sumber zat besi dan protein yang baik

Beras hitam kaya akan zat besi dan protein (8). Protein yang ada dalam beras hitam bertanggung jawab untuk menjaga fungsi tubuh dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak sementara zat besi membantu sel membawa oksigen secara efisien ke seluruh tubuh.

4. Melawan peradangan

Antioksidan yang ada dalam beras hitam membantu meningkatkan produksi senyawa anti-inflamasi, sehingga mengurangi peradangan. Itu membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Baca juga: 10 Manfaat Menakjubkan Akar Teratai untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

5. Mendukung kesehatan jantung

Beras ajaib ini membantu mengatur kadar kolesterol dan trigliserida. Ketika level ini bagus, itu mengurangi risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular.

6. Meningkatkan kesehatan hati

Ketika terlalu banyak lemak menumpuk di hati, dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Antioksidan yang ada dalam beras hitam meminimalkan risiko ini dengan menurunkan pengendapan lemak di sel hati.

7. Meningkatkan penglihatan:

Kehadiran Vitamin E dan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin dalam beras hitam bermanfaat bagi kesehatan mata. Antioksidan mengurangi dampak radiasi UV pada mata dan Vitamin E melindungi mata terhadap degenerasi terkait usia.

8. Efek detoksifikasi:

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh membuang racun berbahaya. Ini dapat mencegah timbulnya banyak penyakit.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Berikut 13 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut Anda

9. Membantu pencernaan

Serat diketahui dapat mengatur pergerakan usus. Ini menambah kotoran pada tinja, membuang limbah dari tubuh, mencegah kembung dan sembelit, dan meningkatkan kesehatan usus.

10. Menstabilkan gula darah:

Beras hitam memiliki indeks glikemik rendah, sehingga menyerap gula secara perlahan, menghindari lonjakan, dan menyediakan bentuk energi yang stabil. Ini juga meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengelola diabetes.

11. Mencegah obesitas:

Serat yang ada dalam beras berwarna gelap ini membantu Anda mengurangi rasa lapar dengan membuat Anda bertahan lebih lama. Ini juga menekan aksi enzim yang bertanggung jawab untuk produksi kolesterol yang membantu mengurangi berat badan.

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Redakan Migran, Berikut 10 Manfaat Teh Peppermint untuk Tubuh Anda

12. Melawan penuaan kulit:

Karena beras hitam sangat kaya akan antioksidan, ini membantu mengurangi kerusakan sel oksidatif yang melawan penuaan kulit.

13. Meningkatkan kesehatan rambut:

Kandungan mineral dan vitamin yang kaya dalam makanan super ini membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, menutrisi akar rambut, dan memperkuat helai rambut.