Helo Indonesia

Gegara Gabut Pas Pandemi Terjun ke Dunia Politik, Uya Kuya: Gue Sarjana Politik UI, Cuma Pura-Pura Oon Aja

Syahroni - Nasional -> Politik
Jumat, 18 Agustus 2023 20:44
    Bagikan  
Uya Kuya
Tangkapan layar Youtube/ @TRANS7 OFFICIAL

Uya Kuya - Artis sekaligus presenter uya Kuya mengaku mau terjun ke dunia politik karena masih belum adanya persamaan hukum.

HELOINDONESIA.COM - Artis sekaligus presenter Uya Kuya mengaku terpanggil untuk terjun ke dunia politik karena pengalaman di masa pandemi selama 2 tahun.

Calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku selama masa pandemi, matanya terbuka melihat adanya ketimpangan persamaan dalam hukum.

Dalam sebuah wawancara yang dipandu presenter Irfan Hakim yang ditayangkan di kanal Yutube TRANS7 OFFICIAL, Jumat (18/8), Uya menceritakan kisah hidupnya saat harus berhenti cukup lama dari kegiatannya di dunia entertainment lantaran Covid-19.

Baca juga: Spanduk Caleg Bikin Semrawut Jakarta, Formappi : Bawaslu Menyederhanakan Makna Kampanye

"Covid itu mengubah pola hidup gue semua, jadi waktu gua kena Covid kemarin, setelah Covid itu kan gua bener-bener berhenti dari semua program TV. Sehari gua ada empat program TV kan, pagi siang sore malem, berhenti semua." terang Uya.

Uya Kuya pun sempat mengundang beberapa orang awam selain artis di podcastnya dan membahas beberapa masalah mereka. Dari situ, Uya Kuya menilai tak semua orang mendapatkan keadilan yang sama di mata hukum.

"Jadi gua ngelihat 'Oh nggak semua orang ternyata mendapatkan persamaan dalam hukum'. Pas gua ikut terjun turun langsung, baru itu bisa terjadi," sambungnya.

Salah satu kasus yang cukup diikuti oleh Uya Kuya saat itu adalah kasus Ferdy Sambo. Ia mengaku menjadi salah satu artis yang bersuara keras dalam kasus tersebut.

Baca juga: Ribuan Bacaleg DPR RI Tak Penuhi Syarat, Ngga Ada Keterangan Pengadilan hingga Surat Bebas Narkoba

"Termasuk kasus Ferdy Sambo, gua satu-satunya artis yang bersuara keras di situ kan walaupun risikonya banyak." terang Uya.

Perubahan itu akhirnya mempengaruhi karakter sosial media Uya Kuya. Banyak kasus yang kemudian diangkat di akun tersebut. Dari situlah banyak pihak yang mengajaknya untuk terjun ke dunia politik.

"Gara-gara gua banyak bahas kasus itu, banyak orang nawarin nyaleg, gua nyaleg baru mulai awal tahun ini," Terang Uya Kuya.

Keputusan Uya sendiri sempat mendapat cibiran dari banyak orang, terutama netizen. Namun demikian, itu tidak menyurutkan niat suami dari Astrid Kuya ini.

Baca juga: Diajukan PBB dan Perindo, Aldi Taher Dicoret dari Daftar Bacaleg DPRD DKI

Uya mengaku apa yang dilakukan di depan kamera hanyalah pura-pura. Suami Astrid Kuya ini cukup percaya diri mengingat dia adalah lulusan salah satu universitas ternama di Indonesia.

“Sarjana gue UI, jurusan ilmu politik, sarjana politik. Orang selama ini nggak tahu gue cuma pura-pura o’on,” ujar Uya Kuya.

Jika nantinya duduk di Senayan, Uya Kuya berjanji tidak akan berubah menjadi sosok yang gila hormat. Uya Kuya tetap akan seperti apa adanya seperti saat ini.