Helo Indonesia

Diajukan PBB dan Perindo, Aldi Taher Dicoret dari Daftar Bacaleg DPRD DKI

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 7 Agustus 2023 16:31
    Bagikan  
Aldi Taher
Foto : Ist

Aldi Taher - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat nama Aldi Taher terdaftar ganda sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD DKI Jakarta yang diajukan Partai Bulan Bintang (PBB) dan Bacaleg DPR-RI didaftarkan Partai Perindo.

Namun KPU DKI Provinsi DKI Jakarta akhirnya resmi mencoret nama Aldi Taher sebagai Bacaleg DPRD DKI. Sebab, tidak ada konfirmasi dari partai yang mendaftarkan Aldi Taher yaitu PBB ke KPU DKI.

Anggota KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan, pencoretan tersebut berdasarkan hasil verifikasi administrasi bakal calon DPD dan DPRD Provinsi DKI Jakarta. 

"Partai harus klarifikasi ke yang bersangkutan karena ada kegandaan pencalonan. Yang bersangkutan maunya milih maju dari partai mana dan dapil mana. ternyata, di PBB tidak ada surat pernyataan tersebut. Yang ada di partai perindo di DPR RI," ujar Dody dalam keterangannya, Senin 7 Agustus 2023.

Baca juga: Prabowo Dinilai Buang Uang Rakyat Gegara Kegiatan Jalan Sehat Hiburannya Asap Tebal Jet Tempur Terbang

Ia pun menyerahkan pengganti Aldi Taher ke PBB. KPU memberikan tenggat waktu untuk mengajukan nama pengganti Aldi Taher 6-11 Agustus. "Karena yang bersangkutan telah mengajukan bacaleg dari dua partai," kata dia.

KPU Provinsi DKI Jakarta telah melakukan verifiksasi administrasi (Vermin) perbaikan dokumen persyaratan administrasi Bakal Calon dan kegandaan pencalonan. Vermin dilakukan mulai tanggal 10 - 31 Juli 2023.

Hasilnya, seluruh Calon Anggota DPD sebanyak 25 bakal calon dinyatakan Memenuhi Syarat (MS). 

Baca juga: Tekab 308 Pesawaran Kejar Remaja Putri Penipuan Rp1 M Hingga Jatim

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan untuk DPRD dari 1.859 Bacaleg yang diusulkan oleh 18 partai politik, terdapat 1.720 yang memenuhi syarat (MS) dan 139 tidak memenuhi syarat (TMS).

"Adapun Partai Politik yang Memenuhi Syarat 100 persen adalah Pattai Gerindra, Golkar, Gelora, PKS, dan PSI," kata dua di Jakarta, Senin (7/8).