Helo Indonesia

Anas Urbaningrum Prediksi Pilpres 2024 Akan Dua Putaran

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 16 November 2023 16:04
    Bagikan  
Ketua Umum PKB Anas Urbaningrum
Foto : Tangkapan Layar

Ketua Umum PKB Anas Urbaningrum - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Anas Urbaningrum menyebut potensi Pemilu terselenggara dua putaran jauh lebih besar ketimbang hanya satu putaran. 

Jika Pilpres dilakukan dua putaran, maka rakyat akan memiliki peluang untuk menilai lebih dalam tidak hanya sekedar sampulnya saja.

"Cuma, kemungkinan dua putaran jauuuuuhhhh lebih besar. Kalau dua putaran, itu baik, agar makin banyak rakyat tahu dan mengerti sampul beserta isinya. Bukan hanya tahu tipis-tipis saja. Memilih dengan sadar dan mengerti itu “pilihan partisipatif-demokratis”," Anas di akun X pribadinya, Kamis (16/11/2023).

Namun Anas juga mengaku tidak ada yang mustahil pada hasil akhir Pemilihan Presiden 2024, termasuk kemungkinan hanya dilakukan satu putaran.

Baca juga: PDIP Lampung Optimis Ganjar-Mahfud Menang Satu Putaran Pilpres 2024

"Kemarin malam salah satu teriakan yang bbrp kali muncul di KPU adalah “satu putaran”. Artinya menang satu putaran. Mungkin ada yang yakin, ada pula yang sekadar untuk memperkuat daya juang," imbuh dia.

"Ada teman yang nanya, mungkin gak? Saya bilang, apa yang tidak mungkin. Ini bukan matematika. Tidak ada yg mustahil," kata Anas.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan,hingga saat ini memang belum bisa diprediksi bila pesta demokrasi nanti berjalan hanya satu putaran atau lebih. 

Baca juga: Demokrat Usulkan Yenny Wahid Jadi Cawapres, Netizen: InsyaAllah Satu Putaran Anies Menang

Namun demikian, pihaknya sudah mengantisipasi bila Pilpres 2024 nanti berlangsung dua putaran. 

Sebab, dikatakannya, pihaknya sebagai penyelenggara pemilu harus mengantisipasi bila Pilpres 2024 digelar sebanyak dua putaran.