BPPRD Bandarlampung Berhasil Naikan PAD Rp13,6 M

Senin, 22 Mei 2023 22:20
Pejabat Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah di BPPRD Bandar Lampung, Ferry Budiman

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - BPPRD kota Bandarlampung berhasil meningkatkan empat pendapatan jenis pajak Rp13,6 miliar pada tahun 2023. Keempat pajak antara lain seperti pajak hotel, hiburan, reklame, dan restoran.

Plt BPPRD Kota Bandarlampung Dedeh Ernawati, melalui Kepala Bidang Pajak, Andre Setiawan mengatakan, retribusi 10 jenis pajak daerah tahun 2023 ini dari target Rp520 miliar.

“Dari jumlah itu per 19 Mei telah terealisasi Rp1,83 miliar atau 35 persen dari ditargetkan,”papar dia

Tapi, kata ia, penerimaan pajak pada hotel, hiburan, reklame, dan restoran sudah mencapai Rp78,8 miliar atau 43 persen dari target Rp184 miliar.

“Tahun ini dari 4 jenis pajak itu melonjak Rp13,6 miliar berbanding realisasi tahun sebelumnya,”terangnya

Lebih lanjut, Andre menambahkan, bahwa total target pendapatan asli daerah tahun ini masih sama dari tahun 2022, yaitu Rp800 miliar.

" pihaknya juga telah berupaya meningkatkan pengawasan, baik sudah memakai maupun belum memakai tapping box agar target kita bisa tercapai,"ucap dia

“Selain itu, kami juga intens menagih pajak dan terus menjalankan stikerisasi kepada wajib pajak nakal,” tuturnya

Sementara Pejabat Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah di BPPRD Bandar Lampung, Ferry Budiman menjelaskan, pihaknya telah memasang 651 tapping box pada tempat-tempat usaha,"ujarnya Senin (22/5/2023)

“Tapping box per hari ini sudah dipasang 651 unit dari total 700 alat,” tambahnya

Dari total itu sebanyak 50 khusus tapping box itu khusus untuk reklame tapi saat ini sedang proses pendataan. Hasil pendataan itu baru bisa diproses pemasangan alatnya,"saat ini belum ada wajib pajak mencopot perangkat tapping box,"sambungnya

Kadang ada dengan sengaja tak menggunakannya, yaitu dengan menambah kasir atau memanipulasi database. Jika mereka tak menggunakan alat ini, struk pasti tak ada dalam data tapping box dari pihak pengelola,"ucap dia

“Untuk mengatasi hal itu, kami secara berkala mengawasi langsung secara random,” tutupnya.(Hajim)

Berita Terkini