Coklit Capai Target 97,1 Persen, KPU Kota Tangsel: 19 Kelurahan Selesai 100 Persen

Selasa, 16 Juli 2024 11:02
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan mengumumkan bahwa progres Pencocokan dan Penelitian (coklit). Foto: Heloindonesia

HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan mengumumkan bahwa progres Pencocokan dan Penelitian (coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data

Pemilih (pantarlih) telah mencapai 97,1 persen hingga pukul 00.00 WIB pada tanggal 15 Juli 2024.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh petugas pantarlih dalam memastikan data pemilih yang akurat dan terpercaya untuk Pilkada Serentak Tahun 2024.

Baca juga: Mendagri: Inflasi YoY Terjaga Baik di Angka 2,51 Persen

Sebanyak 19 kelurahan di Kota Tangerang Selatan telah menyelesaikan proses coklit secara 100 persen.

Kelurahan kelurahan yang telah selesai ini kini melanjutkan dengan proses pencermatan untuk memastikan tidak ada pemilih yang terlewat atau tercatat ganda. 

"Proses pencermatan ini sangat penting untuk memastikan setiap warga yang berhak memilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT)," kata Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, M. Taufig MZ dalam konferensi pers Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten Serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Tahun 2024 di Kantor KPU Kota Tangsel pada Selasa (16/7/2024)

Baca juga: Hari ke 10 Muharram, Berikut Niat Puasa Asyura 2024

M. Taufiq mengajak seluruh masyarakat untuk secara aktif mengecek apakah mereka sudah terdaftar dalam DPT. 

"Warga dapat mengakses laman resmi KPU di www.cekdptonline kpu go id untuk melakukan pengecekan," tambah Taufiq.

Laman ini sudah bisa diakses dan diharapkan memudahkan masyarakat dalam memastikan hak pilihnya pada Pilkada mendatang.

Selain itu, KPU Kota Tangerang Selatan juga mengidentifikasi potensi adanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk lokasi khusus. 

Baca juga: RRQ Hoshi resmi Mendatangkan Pelatih dan Analis Baru, Khezcute dan NMM, Tinggal Menunggu Pengumuman Roster

Terdapat 1 TPS di Pondok Pesantren Al Gontory, Pondok Aren, yang akan memfasilitasi pemilih di area tersebut. 

"Langkah ini diambil untuk memastikan semua warga, termasuk yang berada di lokasi khusus, dapat menggunakan hak pilihnya dengan mudah," ujar Taufik.

Sementara itu, Kadiv Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Tangerang Selatan Widya Victoria menambahkan, meskipun secara umum proses coklit berjalan lancar, KPU Kota Tangerang Selatan menghadapi kendala dominan di pemukiman klaster-klaster elit. 

Baca juga: Program Inclusive Job Center Mendorong Inklusi Pekerja Disabilitas

"Namun, berkat koordinasi yang baik dengan pihak lingkungan, RT, RW dan Kelurahan setempat, kendala tersebut sudah dapat teratasi," ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, kolaborasi ini menunjukkan pentingnya kerjasama semua pihak dalam memastikan kelancaran proses pemilu.

"KPU Kota Tangerang Selatan mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas pantarlih, masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam proses coklit ini," tambahnya.

Ditambahkannya, dukungan dan kerjasama yang baik sangat penting dalam mewujudkan pemilu yang jujur dan adil. 

Baca juga: Amalan Pelancar Rezeki

Pihaknya juga mengingatkan masyarakat untuk terus aktif dalam proses pemilu, mulai dari pengecekan DPT hingga menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara 27 November 2024.

"Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi kantor KPU Kota Tangerang Selatan atau mengunjungi laman resmi KPU. Kami siap memberikan informasi dan bantuan yang dibutuhkan untuk memastikan setiap warga dapat berpartisipasi dalam Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan lancar dan tanpa hambatan," tutupnya.

Berita Terkini