Ronda Malam Bagian Dari Tradisi dan Ciptakan Keakraban Warga-Polisi, Guna Wujudkan Pilkada Aman dan Damai

Jumat, 12 Juli 2024 09:04
Polsek Pasar Minggu menyambangi kegiatan ronda malam, sembari ngopi bareng warga. Aris Mohpian Pumuka

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Ronda malam cara efektif mencegah tindakan pelaku kejahatan. Begitulah yang dilakukan Kapolsek (Kepala Kepolisian Sektor) Kompol Anggiat Sinambela, bercengkerama dengan warga sembari ronda malam.

Dia katakan, ronda malam merupakan tradisi dan kultur yang mesti dirawat, guna membantu kepolisian mewujudkan Kamtibmas. 

Dalam upaya mempererat silahturahmi dan meningkatkan koordinasi maupun komunikasi dengan warga, Polsek Sektor Pasar Minggu, Polres Metro Jakarta Selatan, menyambangi Pos Satkamling dalam program Ngopi Kamtibmas pada Kamis ( 11/07/2024 ) malam.

Kali ini mengunjungi Pos Satkamling RT.010/04 di Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. "Ngopi Kamtibmas bareng warga adalah kegiatan tatap muka yang berlangsung dengan sangat akrab," kata Kompol Anggiat Sinambela kepada wartawan di Cilandak Timur, Pasar Minggu

Baca juga: Viral! Bebas dari Penjara Pegi Setiawan Jadi Pembawa Berita TV

Warga tampak antusias dengan kehadiran Kapolsek, Kasat Tahti Polres Metro Jakarta Selatan AKP Agus Herwahyu Adi yang didampingi oleh Kanit Binmas Polsek Pasar Minggu IPTU Mamay, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Cilandak Timur AIPTU Andri.A.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek bersama Kasat Tahti berpesan kepada masyarakat, khususnya warga sekitar, untuk mewujudkan situasi yang kondusif dengan lebih peduli terhadap Harkamtibmas di lingkungan.

Tidak lupa Kapolsek juga mengimbau, agar warga mengaktifkan kembali ronda. Di samping untuk keamanan lingkungan juga mengaktifkan silahturahmi warga, karena menurutnya survei dan data yang diberikan, bahwa ronda telah menjadi kultur dan tradisi yang turun menurun.

Di sisi lain Kapolsek Pasar Minggu juga mengimbau, kepada pengurus RW, RT beserta jajarannya untuk terbiasa memasang CCTV dan wifi di jalan atau gang demi meningkatkan dan menunjang keamanan lingkungan.

Baca juga: Korban Avanza Masuk Jurang Turunan Sendi Pacet, Keluarga Juragan Pakaian yang Sedang Liburan Sekolah

Tidak lupa Kompol Anggiat Sinambela juga mengingatkan,  agar para orangtua mencegah dampak negatif kemajuan teknologi, yakni memudarnya budaya nusantara. 

"Para orangtua sebaiknya aktif memeriksa ponsel anak-anaknya, guna antisipasi terjadinya kenakalan remaja, seperti gank motor, tawuran dan judi online," ujarnya.

Dan satu lagi, lanjutnya, jangan pernah tinggalkan shalat atau ibadah dengan memakmurkan masjid. Karena dengan habluminallah Insya Allah lingkungan aman kondusif.

Di penghujung kegiatan ngopi kamtibmas bareng warga, Kapolsek juga mengingatkan agar tetap menjaga toleransi antar-warga, terutama menjelang Pilkada serentak Tahun 2024 agar kewilayahan selalu dalam situasi yang aman, damai, dan kondusif. (Tommy)

Baca juga: Viral, Sebuah Robot Diduga Mengakhiri Hidupnya Lantaran Kelelahan Bekerja

Berita Terkini