Tim MBKM Mahasiswa Ilkom USM Beri Penyuluhan Literasi Hubungan Sehat bagi Remaja

Minggu, 7 Juli 2024 09:33
Tim Ilkom USM saat memberikan penyuluhan literasi hubungan sehat antar-remaja melalui talkshow

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) memberikan penyuluhan tentang Literasi Hubungan Antarremaja yang Sehat "Dari Desa ke Destinasi" di Desa Wisata Nongkosawit, Gunungpati, pada Sabtu 6 Juli 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kaprodi Ilmu Komunikasi USM, Edi Nurwahyu Julianto SSos MIKom, dan dosen pembimbing Dr Yulianto Budi Setiawan SSos MSi.

Ketua Tim Pengabdian MBKM, Yoseva Putri Zefanya mengatakan, kegiatan tersebut diadakan karena banyak orang tua yang cemas terhadap pergaulan anak remaja di era digital.

Baca juga: Tekuk Pertamina Enduro, Putri Electric PLN Puncaki Klasemen Final Four Proliga 2024

''Penyuluhan ini berkaitan dengan permasalahan gender, komunikasi, dan remaja, mulai dari bagaimana cara orang tua menjalin pola komunikasi efektif untuk remaja sampai untuk para remaja di beri penyuluhan tentang cara menjaga pergaulan yang sehat di kehidupan sosial remaja, dampak dari pergaulan yang tidak sehat,'' katanya.

Kegiatan tersebut turut menghadirkan narasumber Direktur Lembaga Riset & Edukasi Holiparent, Dr Susana Adi Astuti MM MSi yang membagikan materi terkait cara membangun pola komunikasi efektif dengan anak.

Pendekatan

Menurut Susana, cara komunikasi dalam mendidik anak remaja harus melalui pendekatan layaknya seorang teman agar anak terbuka dan tidak menutup diri terhadap orang tua, pendampingan yang lembut, serta tidak mengekang namun dengan memberi pemahaman.

''Mendidik anak terutama yang akan beranjak dewasa itu harus seperti mengasah pisau, perlah-lahan namun akan tajam,'' katanya.

Baca juga: Mendadak Sultan! Rahasia Meraih Cuan dari Reels Instagram

Dia menambahkan, pendidikan dan lingkungan pertemanan sangat berpengaruh dalam pola pergaulan remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Dengan memberikan fasilitas dan perhatian lebih dalam pengembangan bakat anak dapat menjadi salah satu cara mendidik.

''Kita harus menemani aktivitas anak tanpa membuatnya merasa terkekang. Tentu nya salah satu cara mendekat kan diri sebagai orang tua untuk mendampingi anak dengan menjadi seorang teman, membuka topik pembicaraan dengan anak. Dengan bertanya seorang anak akan merasa dihargai,'' ungkap Susana. (Aji)

Berita Terkini