Helo Indonesia

Kolam Direhab Malah Terbengkalai, Inspektorat Akan Panggil Dinas Perikanan

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 31 Agustus 2023 16:06
    Bagikan  
Irban v Muslim Inspektorat Tubaba (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

Irban v Muslim Inspektorat Tubaba (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung) -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Disinyalir terbengkalainya rehab kolam ikan Tahun Anggaran 2022 senilai Rp246 juta, pekan depan, Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan memanggil Kabid Dinas Perikanan setempat.

"Sebelum melakukan pemanggilan, kita terlebih dahulu pelajari dan telaah dulu informasi dari kawan-kawan lalu dikoordinasikan dengan pimpinan," ujar Irban V Muslim mewakili Kepala Inspektur Kabupaten Tubaba Perana Putra.

Inspektorat akan mengupayakan pemanggilan terhadap pihak yang terlibat pekan depan. "Kita akan minta klarifikasinya," katanya kepada Helo Indonesia.com di ruang kerjanya, Kamis (31/08/2023).

Proyek rehab kolam Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) TA 2022 diduga bermasalah di Tiuh Marga Kencana dan Mulya Asri. Kolam tetap tak berfungsi walau sudah digelontorkan Rp246 juta.

Baca juga: Sekdaprov Sampaikan Jawaban Gubernur Lampung Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Lampung

Dari investigasi Helo Indonesia Lampung, kolam tempat pembenihan ikan tersebut tidak terawat bahkan tidak ada air, termasuk delapan kolam ikan yang baru diperbaiki senilai Rp187 juta di Tiuh Marga Kencana.

Kegiatan lainnya senilai Rp46 juta untuk kegiatan bidang dan operasional BBI Tiyuh (Desa) Marga Kencana dan di Mulya Asri.

Dikonfirmasi, Senin (21/8/2023), Satyono Jati Utomo, kepala Bidang (Kabid) Budidaya Ikan membenarkan kegiatan tersebut Program BBI bidangnya pada tahun 2022.

Soal habis direhab tidak terpakai dan tidak terisi air, dia mengatakan hanya persoalan keterbatasan air. "Iya, karena ada keterbatasan air dan tahun ini akan kita anggarkan kembali untuk melakukan perbaikannya," katanya. (Rohman).