Helo Indonesia

Kunjungi Dua Perusahaan Besar, Nana Senang Daya Serap Tenaga Kerja Tinggi

Kamis, 4 Juli 2024 07:34
    Bagikan  
Kunjungi Dua Perusahaan Besar, Nana Senang Daya Serap Tenaga Kerja Tinggi

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat mengunjungi PT Sido Muncul di Kabupaten Semarang. Foto: hms

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja (kunker) ke dua perusahaan besar yaitu PT Sido Muncul Kabupaten Semarang dan PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) Kota Salatiga, Rabu 3 Juli 2024.

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayahnya.

Nana mengatakan, berdasarkan pengamatannya, perkembangan dua industri berskala besar itu terbilang baik. Indikatornya adalah market ekspor yang luas.

Baca juga: Edukasi Pangan dari Tepung, 85 Mahasiswa FTP USM Ikuti Pelatihan di PT Sriboga

Ditambahkan doa, PT Sido Muncul dengan produk herbalnya, melakukan ekspor ke 25 negara. Sedangkan PT SCI dengan produk alas kakinya melakukan ekspor ke 60 negara.

Seiring dengan market global yang besar, kebutuhan tenaga kerjanya juga tinggi. Saat ini, PT Sido Muncul menyerap hampir 3.500 orang karyawan, dan PT SCI serapannya mencapai 18.500 orang karyawan.

Kedua, perusahaan tersebut juga memberikan gaji di atas Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di daerah masing-masing. Termasuk, memperhatikan kondisi kesehatan dan keselamatan kerjanya.

“Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sehat, karena memberikan perhatian betul kepada karyawannya,” ungkanya seperti dilansir jatengprov.go.id.

Baca juga: Tim PkM USM Sosialisasi Pentingnya Kepemilikan Sertifikat Tanah

Nana mengaku senang melihat perkembangan dua perusahaan tersebut, karena daya serap tenaga kerja tinggi sehingga mengurangi angka pengangguran.


Dia berharap, banyak perusahaan yang menanamkan investasinya di Jateng. Pihaknya akan terus menjaga iklim usaha yang nyaman, baik untuk investor maupun tenaga kerja. (Aji)