Helo Indonesia

Edukasi Pangan dari Tepung, 85 Mahasiswa FTP USM Ikuti Pelatihan di PT Sriboga

Kamis, 4 Juli 2024 07:18
    Bagikan  
Edukasi Pangan dari Tepung, 85 Mahasiswa FTP USM Ikuti Pelatihan di PT Sriboga

Mahasiswa FTP USM saat belajar mengkreasikan pangan dari bahan tepung

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) bekerja sama dengan PT Sriboga Semarang mengadakan Pelatihan Pengolahan Pangan Berbahan Dasar Tepung di PT Sriboga Semarang, baru-baru ini.

Dekan FTP USM, Prof Dr Ir Haslina MSi mengatakan, kegiatan diikuti 85 mahasiswa semester akhir.

Pelatihan digunakan untuk mengedukasi mahasiswa agar dapat memanfaatkan tepung sebagai bahan baku unggulan untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

''Kami berharap, pelatihan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa mengenai proses pengolahan pangan berbahan dasar tepung untuk menciptakan pangan modern baik dari segi keamanan pangan, gizi dan nilai ekonomi,'' katanya.

Baca juga: Wali Kota Klaim Kemiskinan Ekstrem di Kota Semarang Sudah Nol Persen

Dia mengatakan, kegiatan tersebut menarik minat mahasiswa untuk berkreasi melalui olahan pangan berbahan dasar tepung.

Tepung terigu berprotein tinggi memiliki kadar protein sekitar 14% hingga 16%. Dengan kadar protein yang tinggi, tepung ini menghasilkan adonan dengan tekstur kenyal dan elastis.

''Bahan dasar tepung digunakan untuk mengolah roti manis, roti kering pastry atau mie. Selain itu dengan dipadukan teknologi dan kreativitas dapat menjadi olahan pangan yang lebih modern dan menarik,'' ungkapnya. (Aji)