Helo Indonesia

Tanpa Karnaval di Peringatan Hari Jadi Kendal, Ini Alasannya

2 jam 9 menit lalu
    Bagikan  
Tanpa Karnaval di Peringatan Hari Jadi Kendal, Ini Alasannya

Acara konferensi pers persiapan peringatan Hari Jadi Kendal. Foto: Anik

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ada yang berbeda pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-419 tahun 2024 ini. Pasalnya event karnaval yang biasanya menjadi agenda rutin untuk meramaikan momen Hari Jadi Kabupaten Kendal tahun ini ditiadakan.

Batalnya gelaran karnaval ini sempat menuai protes dan kekecewaan dari para seniman Kendal yang tergabung dalam Dewan Kesenian Kendal (DK2). 

Baca juga: Meski Batal Nyagub Jateng, Gerindra dan Relawan Kendal Bangga Mas Dar Dilantik Wamentan

Asisten Pemerintahan Setda Kendal, Agus Dwi Lestari, selaku Ketua 1 Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-419 mengatakan ada beberapa alasan yang menyebabkan Pemkab Kendal mengambil keputusan tidak adanya event karnaval pada peringatan Hari Jadi Kendal tahun ini. Diantaranya, karena banyaknya rangkaian kegiatan dan mepetnya waktu.

"Karena mepetnya waktu dengan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI atau 17-an. Kalau ini dilaksanakan di bulan Juli tidak mungkin. Karena waktunya mepet dengan rangkaian kegiatan hari jadi yang lain," beber Agus Dwi Lestari saat jumpa pers di ruang Abdi Praja Setda Kendal, Kamis 18 Juli 2024.

Perbaikan Jalan

Selain itu, lanjunya, alasan lainnya karena adanya perbaikan jalan maupun jembatan di beberapa titik di jalan utama Kabupaten Kendal.

"Jadi kalau nanti pelaksanaannya di Kendal tentunya akan menambah kemacetan arus lalu lintas," ungkapnya.

Namun demikian, Pemkab Kendal tetap akan melibatkan DK2 di beberapa event seperti festival salah satu stasiun TV nasional.

"Jadi nanti siang dan sore akan dimasukkan kesenian Kendal, barongan dan jaran kepang," tandas Agus Dwi.

Baca juga: Wisata Alam Posong, Manjakan Panca Indera dari Lembah Sindoro

Dipaparkan, selain itu event karnaval yang seyogyanya akan melibatkan DK2 ini akan digantikan dengan gelar budaya di masing-masing kecamatan di Kabupaten Kendal.

"Untuk pelaksanaan dan tempatnya menyesuaikan dengan kecamatan. Jadi tidak serentak, nanti kita koorsinasikan waktunya kapan, dimana nanti akan kita koordinasikan," paparnya.

Diketahui, peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-419, Pemkab Kendal bakal menggelar beberapa wvent spektakuler dari Festival SCTV, Pekan Raya Kendal (PRK) yang bertabur artis ternama ibukota dan kegiatan serta hiburan lainnya mulai 20-28 Juli 2024 mendatang.(Anik)