Helo Indonesia

Disesuaikan HUT Kota Semarang, Semargres Tahun Ini Dijadwalkan Mei-Juni

Jumat, 5 Januari 2024 07:05
    Bagikan  
Disesuaikan HUT Kota Semarang, Semargres Tahun Ini Dijadwalkan Mei-Juni

Penyerahan hadiah pemenang undian Semargres 2023 di halaman Balai Kota Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan secara langsung hadiah kepada para pemenang undian Semarang Great Sale (Semargres) 2023 di Halaman Balai Kota Semarang, Kamis 4 Desember 2024.

Wali Kota yang akrab disapa Mbak Ita mengucapkan selamat kepada para pemenang undian Semargres tahun 2023.

"Hari ini dilakukan penyerahan hadiah undian Semargres 2023 yang gelarannya berlangsung dari tanggal 1-30 November 2023," ujarnya.

Baca juga: Hari Kedua Pendaftar Calon Pengawas TPS di Kendal Capai 1.485 Orang

Menurutnya, penyelenggaraan Semargres 2023 memang harus banyak evaluasi. Selain karena waktu perencanaannya yang mepet, menurutnya, publikasi dirasa masih sangat kurang.

"Memang waktu itu, mepet sekali. Pembahasan baru sekitar bulan Oktober 2023. Kalau tidak dilaksanakan juga eman-eman (sayang sekali)'' ujarnya.

Hal inilah yang membuat diskon dalam Semargres 2023 dirasa masih kurang besar lantaran berlangsung di akhir tahun. Apalagi pada akhir tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Bapenda tengah mengejar target pendapatan asli daerah (PAD).

"Kita hitung potongan pajaknya juga tidak bisa besar, hal ini berpengaruh pada diskon Semargres yang kurang maksimal," jelasnya.

Baca juga: Atlet Peraih Medali SEA Games Terima Tali Asih, Pesan Suci: Jangan Tinggalkan Jateng!

"Mudah-mudahan bisa dilaksanakan (Semargres 2024-red) bulan Mei atau Juni, di mana saat itu merupakan low season. Harapannya nanti bersama Kadin, PHRI, Aprindo bisa membuat program atau paket yang menarik sehingga bisa menaikkan pendapatan Semargres 2024," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Semarang Great Sale (Semargres) 2023, Ade Pramudito mengatakan, pada 2023 transaksi Semargres tercatat Rp 254 miliar. Nilai ini turun Rp 100 miliar dari tahun sebelumnya.

"Dari evaluasi dan diskusi kecil, kami berkeinginan agar Semargres 2024 mendatang bisa diadakan bersamaan dengan momen HUT Kota Semarang pada bulan Mei," sebutnya.

Hal ini karena pada pertengahan tahun, seperti bulan Mei dan Juni para pelaku usaha banyak mengalami low season.
"Dengan Semargres harapannya bisa mendongkrak kunjungan dan pendapatan para pelaku usaha, sektor wisata belanja bahkan PAD Kota Semarang," imbuh Dito, sapaannya.

Hadiah Mobil

Salah satu pemenang Semargres yang beruntung kali ini adalah Iqbal Ahsanul Aula (21yang berhasil mendapatkan satu unit mobil hasil program undian Semargres.

"Saya enggak menyangka kalau bisa dapat undian Semargres, awalnya hanya belanja-belanja saja di Semarang dan mengumpulkan poin," ujar Iqbal yang merupakan mahasiswa UIN Walisongo Semarang.
Saat itu, lanjut Iqbal, dirinya hanya melihat info di media sosial Instagram Pemkot Semarang. Kemudian secara iseng mengunduh aplikasi Semargres.

Baca juga: Jangan Buang Mahkota Nanas, Anda Bisa Mencoba Membuat Hiasan Segar Seperti ini

Saat belanja di Mal Ciputra Semarang, warga Sayung, Kabupaten Demak ini lantas melakukan scan barcode undian Semargres. "Belanjanya di CL (Mal Ciputra Semarang-red) saat membeli sepatu dan kaos dengan nilai transaksi Rp 1,5 juta. Ternyata saat ada pengundian, malah saya yang dapat," bebernya.

Ia mengaku jika ini kedua kalinya ikut undian Semarang Great Sale. Tahun 2022 lalu, dirinya juga ikut undian, namun belum berhasil mendapatkan hadiah. "Dari awal enggak tahu kalau dapat. Mungkin hokinya di tahun 2023," kata dia. (Aji)