JAM-Intel dan JAM-Datun Jadi Penguji Sidang Promosi Doktor di Fakultas Hukum Universitas Indonesia 

Sabtu, 13 Juli 2024 10:42
Gelar Doktor. Ist

HELOINDONESIA.COM - Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Prof. Dr. Reda Manthovani bersama Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha (JAM-Datun) Dr. R. Narendra Jatna hadir menjadi Penguji pada Ujian Promosi Gelar Doktor pada Sidang Terbuka Fakultas Hukum Universitas Indonesia, bertempat di Balai Sidang Djoko Soetono, Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jumat 12 Juli 2024.

Adapun promovendus dalam sidang terbuka ini yaitu seorang Jaksa yang kini menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Banten yakni Dr. Neneng Rahmadini, S.H., M.H. dengan disertasinya yang berjudul “Konseptualisasi Ujaran Kebencian di Indonesia Pasca Terbitnya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik”.

Baca juga: HUT Bhayangkara Ke-78, Polri Gelar Balap Sepeda di Sudirman, Ratusan Pebalap Sepeda Siap Meramaikan 


Secara khusus, JAM-Intelijen Prof. Dr. Reda Manthovani menyampaikan bahwa pengalaman dalam membuat disertasi dan proses dalam meraih gelar doktor sangat bermanfaat untuk praktek penegakan hukum, khususnya bagi Para Jaksa.

“Pengalaman berharga saat menempuh pendidikan Doktoral itu membuat kita menjadi lebih kritis dan fokus dalam menganalisis suatu masalah secara filosofis dan praktis. Di dalam proses pembuatan disertasi mengajarkan pengalaman dalam menjalani praktek kerja sebagai seorang Jaksa atau aparat penegak hukum,” imbuh JAM-Intelijen. 

Baca juga: Usai Dicoklit, Pilar Imbau Warga Tangsel untuk Sukseskan Pemutakhiran Data Pemilih


Senada dengan hal tersebut, JAM-Datun R. Narendra Jatna menuturkan bahwa proses menempuh pendidikan Doktoral ini menjadi penting karena ilmu yang dipelajari dalam program S3 menjadi basis dalam mengambil keputusan dan menerapkan suatu ketentuan hukum.

“Menyandang gelar Doktor menjadi penting saat ini seiring perkembangan zaman, karena penerapan hukum tidak lagi semata-mata berbasis skill, tapi teori-teori perkembangan hukum yang baru menjadi sesuatu yang sama pentingnya dengan skill. Jadi, gelar Doktor saat ini menjadi keniscayaan untuk menambah bobot utama Para Jaksa ke depannya,” ujar JAM-Datun menambahkan.  

Baca juga: Meski Banyak Interupsi, Sidang Paripurna DPD RI Happy Ending


Atas prestasi tersebut, Kejaksaan RI mengapresiasi Dr. Neneng Rahmadini, S.H., M.H. dimana selain menjalani tugasnya sebagai Jaksa, namun juga belajar untuk meningkatkan kapasitas dirinya guna berkarya lebih baik lagi. 
Hal ini sejalan dengan arahan Jaksa Agung yang menjelaskan Para Jaksa harus secara terus menerus diberikan pelatihan dan pendidikan yang memadai dan update dengan kebutuhan hukum masyarakat.

Di samping itu, Jaksa Agung menyampaikan Kejaksaan juga menggalakkan program beasiswa S2 dan S3 baik di dalam maupun luar negeri, sehingga kedepan Jaksa tidak hanya berpendidikan S1 termasuk pendidikan teknis, fungsional, dan struktural adalah suatu kewajiban. “Karena SDM yang tangguh akan menghasilkan kinerja yang andal”.

Berita Terkini