Helo Indonesia

Edan, KPK Sebut Biaya Makan dan Minum Lukas Enembe Rp 1 Miliar per Hari di Saat Papua Dilanda Kemiskinan

Drajat Kurniawan - Nasional
Kamis, 29 Juni 2023 01:22
    Bagikan  
Gedung KPK RI
Foto : Tangkapan Layar

Gedung KPK RI - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Kasus dugaan korupsi Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe tidak hanya merugikan keuangan negara namun sekaligus mengungkap biaya operasional yang dihabiskan Lukas Enembe, sejak 2019 sampai 2022 benar-benar fantastis.

Lukas Enembe menghabiskan Rp1 triliun untuk dana operasional setiap tahun atau rata-rata Rp1 miliar setiap hari.

Kondisi ini tentu memprihatinkan ditengah kemiskinan rakyat Papua. Terlebih di provinsi tersebut, masib terdapat sejumlah wilayah dengan kemiskinan ekstrim. Misalnya saja di Papua Barat tercatat memiliki jumlah penduduk miskin terbesar. 

Jika saja, dana senilai itu dimanfaatkan untuk dialokasikan pada masyarakat Papua, tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua. 

Baca juga: Golkar Bantah KIB Bubar : Ketum Parpol Masih Rutin Ketemu

Dana senilai 1 triliun tersebut jika digunakan untuk program pembangunan, akan mreningkatkan infrastruktur wilayah, memajukan perekonomian dan mengurangu kemiskinan ekstrim di Papua.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata, membenarkan dana operasional Lukas Enembe mencapai Rp1 triliun lebih. Namun diketahui Lukas Enembe banyak menggunakan dana tersebut untuk pengeluaran fiktif. “Dana operasional yang bersangkutan itu Rp1 triliun lebih,” kata Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/6) lalu.

Menurut Alex,terdapat aturan tertentu terkait dana operasional kepala daaerah. Alokasi anggaran sebesar Rp1 triliun per tahun itu terlalu besar dari ketentuan yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca juga: Jemaah Haji di Arafah Kelaparan, Putri Gus Dur Alissa Wahid Pun Dimintai Tolong

Untuk Lukas Enembe, rata-rata dana operasional gubernurnya sekitar Rp1 triliun setiap tahunnya. Artinya, dalam setahun Lukas Enembe menggunakan dana tersebut untuk makab dan minum senilai Rp1 milyar.

"Sebagian besar dibelanjakan untuk biaya makan minum. Bayangkan kalau Rp1 triliun itu sepertiga digunakan untuk belanja makan minum, itu satu hari Rp1 miliar untuk belanja makan minum,” beber Alex.

Tags
KPKkorupsi